IPW Sebut Kapolrestabes Semarang Sosok Kunci Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) menilai, Kapolres Semarang Kombes Irwan Anwar jadi sosok kunci terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan, keterangan Irwan bisa menjerat pimpinan KPK dalam kasus tersebut. “Kombes Irwan Anwar adalah saksi kunci di dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi yang disebutkan oleh SYL kepada pimpinan KPK yang menyeret nama F. Jadi posisi Kombes Irwan Anwar ini sangat penting,” kata Sugeng dalam keterangannya Senin (9/10/2023).

Di sisi lain, kata Sugeng, Irwan juga bisa berpotensi menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Kendati demikian, Sugeng tak memerinci mengapa Irwan berpotensi tersandung kasus hukum.

“Dia bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya, atau dia bisa kemudian menjadi tersangka. Oleh karena itu sangat strategis keterangan dari Kombes Irwan Anwar,” katanya.

Sugeng meminta agar Irwan diberi perlindungan. Selain itu, dia juga berharap polisi memberi jaminan terhadap Irwan untuk membongkar kasus tersebut seterang-terangnya.

“Kombes Irwan Anwar harus diberi perlindungan terkait dengan keterangannya yang sangat signifikan dan penting agar ia bisa membuka secara terang benderang kasus ini,” katanya.

“Oleh karena itu harus ada jaminan dari pihak Polda Metro Jaya bahwa Kombes Irwan Anwar ini dijadikan sebagai whistle blower,” ungkap dia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker