AS Beri Bantuan Ukraina 1,1 Juta Peluru Sitaan dari Iran

Abadikini.com, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) telah mengirim 1,1 juta butir peluru amunisi sitaan dari Iran ke Ukraina. Menurut militer AS, Rabu (4/10/2023), bantuan AS ke Ukraina berupa amunisi, berasal dari hasil sitaan pada tahun lalu.

Pasukan angkatan laut AS selama bertahun-tahun telah menyita senjata yang diyakini berasal dari Iran, yang ditujukan untuk pejuang yang didukung Iran di Yaman, yang biasanya diangkut dengan kapal penangkap ikan.

Komando Pusat AS, yang bertanggung jawab atas operasi militer di Timur Tengah, mengatakan sekitar 1,1 juta peluru 7,62 mm telah dikirim ke Ukraina.

Kapal-kapal tersebut awalnya disita oleh pasukan angkatan laut AS pada Desember 2022, yang dikirim dari Garda Revolusi Iran ke pasukan Houthi di Yaman.

“AS berkomitmen untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami untuk melawan aliran bantuan senjata dari Iran di kawasan Timur Tengah dengan segala cara yang sah, termasuk sanksi AS dan PBB dan melalui larangan,” kata pernyataan pusat komando militer AS.

Amunisi tersebut sepertinya tidak akan membuat perbedaan besar di medan perang, pada saat senjata jarak jauh dan sistem pertahanan udara berada di daftar teratas yang diinginkan Ukraina.

Kongres AS tidak memasukkan dana baru untuk Ukraina dalam rancangan undang-undang belanja sementara yang disahkan pada Sabtu pekan lalu, untuk menjaga pemerintah federal tidak shutdown.

Tahun lalu, Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan, salah satu kapal perangnya telah menyita senjata Iran, termasuk rudal permukaan-ke-udara dan mesin rudal jelajah, dari penyelundup di perairan internasional selatan Iran.

Gerakan Houthi yang didukung Iran di Yaman, telah melawan koalisi pimpinan Arab Saudi sejak tahun 2015 dalam konflik yang telah menewaskan ratusan ribu orang.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker