Jelang KTT AIS, TNI Siapkan Skenario Pengamanan Wilayah Melalui TFG

Abadikini.com, DENPASAR – Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana sebagas Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil) terus meningkatkan kesiapan Satuannya dalam rangka menghadapi kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum yang akan digelar di Bali, salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG) bertempat di Aula Supardi Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali. Senin (2/10/2023).

TFG tersebut bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan KTT AIS. TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan serta mendukung kelancaran  KTT AIS.

Mengawali kegiatan TFG tingkat Kodam Asops Kasdam IX/Udayana memaparkan tentang konsep operasi dalam kegiatan KTT AIS Tahun 2023 termasuk juga pelaksanaan TFG tingkat Kogabwilhan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2023 bertempat di GOR Ngurah Rai Kepaon.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi sebagai Dansatgas Pamwil dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono sebagai Dansatgas Evakuasi dihadiri secara luring oleh Danrem 163/WSA, Asintel, Asops dan Aslog Kasdam IX/Udy, seluruh Komandan Sub Satgas, Karoops Polda Bali, Kalaksa BPBD Prov. Bali, Kepala BMKG Denpasar, Managing Director The Nusa Bali, GM BNDCC, GM BIC sedangkan secara Vidcon dihadiri oleh Kasrem 162/WB, Pasi Intel  Kodim 1615/Lombok Timur.

Pangdam IX/Udayana dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan kegiatan penyiapan pengamanan dari Satgas pengamanan wilayah dan Satgas evakuasi KTT AIS yang akan dilaksanakan di Bali tanggal 10 s.d 11 Oktober 2023 serta untuk mengukur sejauh mana kesiapan kita dalam rencana yang sudah disusun dalam kegiatan KTT AIS.

“Untuk itu, seluruh Satgas dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas teritorial Kodam IX/Udayana harus lebih siap untuk melakukan pengamanan, saya berharap semoga sesuai dengan rencana dan tidak ada perubahan waktu dan obyek yang sudah kita siapkan,”, ujar Pangdam.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker