Geledah Rumah Staf SYL, KPK Temukan Dokumen Dugaan Korupsi di Kementan

Abadikini.com, JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan dokumen penting yang diduga terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Catatan tersebut ditemukan di rumah staf Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Rumah staf SYL tersebut digeledah tim penyidik KPK pada Selasa (3/10/2023). Rumah tersebut terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Kemarin sampai tadi malam tim penyidik KPK kembali melanjutkan proses penggeledahan di salah satu rumah staf Menteri Pertanian,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Rabu (4/10/2023).

“Dari penggeledahan ini tim menemukan dokumen terkait dengan perkara,” sambungnya.

Ali Fikri belum membeberkan soal detail isi dari dokumen tersebut. Dia hanya menyampaikan, KPK selanjutnya akan menganalisis lebih lanjut atas temuan bukti dokumen yang diduga terkait dengan kasus korupsi di Kementan.

“Berikutnya akan disita sebagai barang bukti dalam berkas perkara,” ungkap Ali Fikri.

Diketahui, selain pemerasan, ada dugaan gratifikasi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) yang turut diusut lebih lanjut oleh KPK. Penyidikan KPK masih terus berjalan untuk mengusut kasus tersebut.

Namun demikian, KPK belum membeberkan lebih detail soal konstruksi perkara korupsi di Kementan yang tengah diusut KPK saat ini. KPK hanya memastikan, tiap perkembangan dari penanganan kasus ini akan terus disampaikan ke publik.

Meski begitu, KPK telah menggeledah sejumlah lokasi dalam rangka penyidikan kasus tersebut, seperti di rumah dinas SYL hingga kantor Kementan. Berbagai bukti berhasil diamankan KPK mulai dari uang tunai hingga dokumen.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker