Waketum MUI Sebut Peringatan Maulid Nabi Momentum Refleksi Diri

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyebut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan sebagai momentum refleksi diri atas apa yang manusia perbuat selama hidup di dunia.

“Rasulullah menyuruh kita untuk berfikir dan berbuat dengan sebaik-baiknya, agar hidup kita selamat dan sukses tidak hanya di dunia ini saja tapi juga di akhirat kelak,” ujarnya saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Anwar mengatakan dalam kesempatan peringatan Maulid Nabi, umat Islam sepatutnya harus berusaha dengan sekuat tenaga untuk menjadikan diri dan sosok dari Rasulullah sebagai tokoh identifikasi.

Maksudnya, manusia harus berusaha untuk meniru cara pandang dan cara berbuat serta bertingkah laku Rasul, baik yang terkait dengan masalah akidah, ibadah, akhlak, dan dalam masalah muamalah.

“Kita harus yakin dan percaya bahwa hanya dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya hidup kita baru akan bisa diberkahi dan diridai oleh Allah SWT,” kata dia.

Menurutnya, Rasulullah telah mengajarkan umatnya untuk mengejar akhirat tapi tetap jangan melupakan hidup di dunia, dengan berbuat sebaik-baiknya agar hidup selamat.

“Ini penting kita sadari dengan sebaik-baiknya karena hidup yang akan kita lalui tersebut tidak hanya akan berhenti di sini saja tapi akan berlanjut ke alam akhir,” kata dia.

Maka dari itu, kata Anwar, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengajarkan manusia untuk menjadikan setiap langkah hidup lebih bermakna, tak hanya bagi diri dan keluarga, tapi orang lain.

“Di situlah relevansinya kita menyelenggarakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW karena lewat acara tersebut diharapkan hidup kita ke depan jauh lebih baik, lebih berarti, dan lebih bermakna,” kata dia. (Antara)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker