Wamenaker Afriansyah Noor: Job Fair Pencari Kerja Pilih Karir sesuai Minat dan Bakat

Abadikini.com, JAKARTA РKementerian Ketenagakerjaan menyampaikan penyelenggaraan bursa kerja (job fair) membantu para pencari kerja untuk memilih karir yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

“Salah satu tujuan diselenggarakannya acara hari ini adalah untuk mempersiapkan para pencari kerja untuk terjun ke dalam dunia karir yang mereka inginkan,” ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor dalam keterangan dikutip, Rabu (27/9/2023).

Dalam acara bursa kerja dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi se-Surakarta di Kota Solo, Jawa Tengah, ia mengemukakan melalui bursa kerja juga membantu mereka untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran dari mata kuliah yang telah dipelajari selama di perkuliahan ke dalam karir yang dipilih nantinya.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pameran bursa kerja dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi se-Surakarta, di Kota Solo yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Afriansyah Noor juga menyampaikan bursa kerja merupakan suatu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, menciptakan SDM berkualitas unggul dengan pembekalan pengetahuan seputar dunia kerja.

“Sementara bagi perusahaan dapat memperoleh kandidat yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan,” kata Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Afriansyah Noor menambahkan Kemnaker juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

Misalnya, pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan dan lain sebagainya, yang dapat diakses secara umum melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses pada laman https://kemnaker.go.id.

Untuk aplikasi seputar informasi lowongan pekerjaan, tersedia layanan melalui domain https://karirhub.kemnaker.go.id yang mempertemukan antara pemberi kerja perusahaan/individu dengan pencari kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Melalui aplikasi Karirhub ini, pencari kerja juga dapat memilih lokasi pekerjaan, tipe pekerjaan hingga bidang keahlian yang dimiliki dan pemberi kerja maupun pencari kerja tidak dikenakan biaya apapun,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker