Google Rayakan Ulang Tahun ke-25, Lahir dari Kamar Asrama Dua Mahasiswa

Abadikini.com, JAKARTA – Google hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada Rabu (27/9/2023). Terlihat doodle pada laman utama Google juga ikut merayakan.

Pengguna akan melihat doodle yang dibalut berbagai warna dengan latar belakang hitam dan bertuliskan “G25gle” pada laman pencarian Google, yang memuat angka 25 di dalam tulisan tersebut untuk menunjukkan usia perusahaan saat ini.

Kemudian saat pengguna mengklik doodle, laman pencarian mereka akan ditaburkan ornamen ulang tahun. Pengguna yang mengklik doodle juga akan diarahkan pada informasi terkait sejarah Google. Berikut sejarah diciptakannya Google.

Lahir dari Seorang Mahasiswa
Dari kamar asrama di Universitas Stanford yang ditempati Larry Page dan Sergey Brin, mereka membuat mesin pencarian yang menggunakan link untuk menentukan peringkat setiap halaman di internet, yang sebelumnya disebut World Wide Web. Sementara mesin pencarian tersebut dinamai Backrub.

Menurut sebagian orang, baik Larry dan Sergey tidak sepemikiran hampir dalam segala hal, tetapi setahun setelah pertemuan pertama mereka pada 1995, keduanya lalu menjadi sahabat dekat.

Nama Backrub kemudian diganti menjadi Google yang merupakan pelesetan dari istilah ekspresi matematika untuk angka 1 diikuti oleh 100 angka nol. Arti nama Google juga mencerminkan misi Larry dan Sergey yakni mengelola informasi dunia serta membuatnya berguna dan dapat diakses semua orang.

Mulai Tarik Banyak Investor
Beberapa tahun berikutnya, Google tidak hanya menarik perhatian komunitas akademis tetapi juga para investor Silicon Valley. Pada Agustus 1998, co-founder Sun Andy Bechtolsheim, memberikan cek senilai US$100.000 (Rp 1,5 miliar) kepada Larry dan Sergey.

Pada saat itulah Google LLC didirikan secara resmi. Dengan investasi ini, tim yang baru terbentuk tersebut mulai melakukan peningkatan dengan pindah dari kamar asrama ke kantor pertamanya, sebuah garasi di daerah pinggiran kota Menlo Park, California, AS, milik Susan Wojcicki (karyawan ke-16 dan kini menjabat sebagai CEO YouTube).

Beberapa komputer desktop kuno, sebuah meja ping-pong, dan karpet berwarna biru terang menjadi pemandangan sehari-hari pada saat itu.

Tradisi Google
Ternyata ada banyak hal yang tidak biasa dari perusahaan ini, mulai dari server pertama Google yang terbuat dari Lego hingga gambar doodle pertama pada 1998 dengan menampilkan gambar orang-orangan yang terselip di antara logo Google. Secara tidak langsung, hal itu memberi tahu pengunjung situs bahwa seluruh staf sedang mengikuti Festival Burning Man.

Slogan “Don’t be evil” atau jangan berbuat jahat menggambarkan keinginan Google untuk menggunakan metode yang berbeda. Beberapa tahun berikutnya, perusahaan berkembang sangat cepat dengan merekrut engineer, membentuk tim penjualan, dan memperkenalkan anjing perusahaan pertamanya, Yoshka.

Karena telah berkembang jauh lebih besar, Google akhirnya harus berpindah dari ruang garasi menuju kantor pusatnya saat ini Googleplex di Mountain View, California.

Hadirkan Banyak Teknologi Canggih
Saat ini, Google telah membuat ratusan produk yang digunakan miliaran orang di seluruh dunia, mulai dari YouTube, Android, Gmail dan Google Penelusuran.

Terbaru Google belum lama juga meluncurkan Bard AI yang berbasis Language Model for Dialogue Applications atau LaMDA sebagai model bahasa untuk aplikasi dialog.

sumber: beritasatu

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker