Tanggapan Jokowi Kaesang Terpilih Jadi Ketum PSI

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal anak bungsunya, Kaesang Pangarep menjadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Jokowi menyebut Kaesang telah dewasa dan berhak untuk menentukan pilihannya.

Untuk itu, Jokowi mengatakan, perihal Kaesang menjadi ketua umum PSI sepatutnya ditanyakan kepada Kaesang dan PSI, bukan kepada dirinya.

“Ditanyakan ke PSI, ditanyakan ke Kaesang. Wong sudah dewasa, sudah punya keluarga, sudah punya istri. Masa ditanyakan ke bapaknya terus?” kata Jokowi seusai menghadiri pembukaan Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi, di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023).

Jokowi mengungkapkan mengambil keputusan sendiri setelah beranjak dewasa merupakan budaya dari keluarganya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Dengan demikian, setelah menikah dan mempunyai keluarga, Kaesang harus mandiri dalam mengambil keputusan, termasuk menghitung baik dan buruk, serta risiko dari setiap keputusannya.

“Di dalam keluarga saya sudah terbiasa seperti itu bahwa kalau sudah berkeluarga, sudah punya istri, sudah punya rumah sendiri ya harus tanggung jawab, harus mandiri. Apa yang sudah diputuskan pasti dihitung baik buruknya, dihitung risikonya,” jelas Jokowi.

Ketika mengenai Kaesang yang meminta doa restunya selaku orang tua, Jokowi mengaku menyampaikan doa restunya. Sebagai orang tua, Jokowi mengaku sudah seharusnya memberikan restu apabila anaknya meminta.

“Ya minta doa restu ke orang tua, saya restui,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku tidak memberikan pesan khusus kepada Kaesang. Menurut Jokowi, Kaesang telah dewasa dan telah menerima banyak pesan darinya sebagai ayah.

Enggak ada, sudah gede, kebanyakan pesan,” kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya Kaesang ditunjuk sebagai ketua umum PSI periode 2023-2028 saat acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023) malam. Dalam pidato perdananya sebagai ketua umum, Kaesang mengaku jatuh cinta dengan idealisme dan integritas para kader PSI.

“Kenapa saya memilih PSI? Di forum yang terhormat ini saya jatuh cinta pada PSI, partai dengan idealisme dan intergritas yang kokoh, dan konsisten dalam perjuangan anak muda. Partai ini surplus gagasan yang genuine dan brilian. Hanya saja butuh energi yang berkali-kali lipat lebih besar. Agar energinya itu tidak hanya menggema di kota-kota, tetapi juga sampai ke pelosok desa,” kata Kaesang.

Dalam kesempatan itu, Kaesang Pangarep memberikan pesan menyentuh kepada sang ayah, Presiden Jokowi. Kaesang meminta izin kepada Jokowi untuk menempuh jalannya menjadi ketua umum PSI.

“Kepada bapak, saya ingin menyampaikan, izin, saya mau menempuh jalan saya, pak. Semoga Gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini,” kata Kaesang.

Kaesang kemudian mengungkapkan kekagumannya terhadap kerja keras Jokowi. Kaesang mengaku terjun ke dunia politik lantaran mengikuti jejak sang ayah.

“Bapak saya yang kebetulan adalah Presiden Indonesia, tentu saja bukan manusia yang sempurna. Beliau juga bahkan jauh dari kata sempurna, apalagi kalau saya spill kelakuan beliau sehari-hari di rumah,” kata Kaesang.

“Yang patut saya dan kita harus contoh dari Pak Jokowi adalah beliau tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat. Obat capeknya adalah bersalaman dengan masyarakat, vitamin lelahnya adalah senyum dan kebahagiaan masyarakat yang beliau temui, booster-nya adalah ketika beliau memutuskan kebijakan yang tepat bagi masyarakat Indonesia,” imbuh dia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker