G7 Desak China Tekan Rusia Agar Hentikan Perang di Ukraina

Abadikini.com, TOKYO – Negara-negara anggota Kelompok Tujuh (G7) pada Selasa (19/9/2023) waktu setempat meminta China agar menekan Rusia supaya menghentikan agresi di Ukraina setelah para menteri luar negeri blok tersebut bertemu di sela-sela Majelis Umum PBB dan mengeluarkan penyataan bersama.

Pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Jepang, sebagai ketua G7, menyebutkan bahwa para negara anggota berharap China mendesak penarikan pasukan Rusia secepatnya, secara menyeluruh dan tanpa syarat dari Ukraina.

Pernyataan itu muncul saat diplomat tinggi China Wang Yi mengunjungi Rusia selama empat hari, di mana kedua negara diperkirakan telah sepakat untuk memperkuat hubungan politik dengan kemungkinan Presiden Vladimir Putin akan mengunjungi Beijing dalam waktu dekat.

Anggota G7 juga menyambut baik partisipasi China dalam pertemuan yang dipimpin Ukraina di Jeddah dan “lebih lanjut mendorong China agar mendukung perdamaian yang adil dan kekal, termasuk melalui dialog langsung dengan Ukraina,” tulis pernyataan tersebut.

Putin bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pekan lalu di Moskow untuk membicarakan berbagai hal, di antaranya hubungan militer yang lebih erat. Hal itu membuat Amerika Serikat dan negara-negara yang bersekutu dengan Barat ketar-ketir.

Pyongyang dan Moskow membantah bahwa Korea Utara dapat memasok senjata ke Rusia.

Pernyataan bersama G7 tidak mencantumkan satu pun nama negara, namun mengatakan bahwa anggotanya “menegaskan kembali seruan mereka kepada pihak ketiga agar menghentikan semua bantuan untuk perang agresi Rusia atau menghadapi kerugian yang sangat besar”.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128