Puan MaharaniSebut Peluang AHY dan RK Jadi Cawapres Ganjar Sudah Tertutup

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkapkan bahwa potensi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo sudah tertutup. Sebab, parpol mereka telah tegas mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Muncul namanya Mas AHY (jadi bakal cawapres) namun karena demokrasi sudah memutuskan untuk pindah atau menentukan dengan Mas Prabowo (Subianto) ya tentu saja sepertinya tidak mungkin,” kata Puan usai menghadiri acara Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) 2023 Nahdlatul Ulama (NU), Senin (18/9/2023).

Selain itu, kata Puan, nama Ridwan Kamil juga telah terdepak dari pertimbangan partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Pak Ridwan Kamil juga Golkar kah sudah dengan Pak Prabowo jadi dan Pak Ridwan Kamil merupakan kader Golkar,” ucap Puan dikutip dari Jawapos.

Terlebih, Partai Golkar juga sudah menekankan bahwa akan tetap memperjuangkan Airlangga Hartarto ikut dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Lagi pula saya dengar Munas di Golkar tetap memutuskan bahwa calon presiden dan wakil presidennya adalah Mas Airlangga Hartarto atau jadi tidak mungkin satu kader ada di sini tapi gerbongnya ada di tempat yang lain,” ujarnya.

Menurut Puan, yang masih masuk ke dalam radar calon pendamping Ganjar ialah Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Ya kan masih seperti nama-nama yang ada Pak Erick Thohir, Pak Sandi Uno, Pak Andika, dan Pak Mahfud,” papar Puan.

Namun, Puan dengan adanya perkembangan dinamika terbaru seperti yang terjadi saat ini, membuat seluruh partai politik (parpol) pendukung Ganjar akan segera merumuskan komposisi terbaik untuk sosok bakal cawapres.

“Ya dengan perubahan dinamika seperti ini tentu saja akan ada perubahan-perubahan lagi nantinya. Kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan para ketua umum juga dengan Ibu Megawati terkait dengan perubahan dinamika politik yang sedang terjadi sekarang,” tegas Puan.

Sebelumnya, nama Ridwan Kamil dan AHY sempat masuk ke dalam daftar calon potensial untuk menjadi pendampimg Ganjar. Bahkan, Ridwan Kamil pun mengaku telah ditawarkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker