Suara di Jawa Timur Jadi Rebutan, Prabowo Punya Kedekatan

Abadikini.com, SURABAYA – Lumbung suara Jawa Timur diprediksi tetap akan menjadi rebutan yang alot bagi tiga capres. Pasalnya, masing-masing capres punya potensi dan mesing kekuatan berbebda-beda.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam mengatakan, meskin Cak Imin sudah ada di Koalisi Perubahan bersama Mas Anies, namun itu tidak bisa menjadi garansi 100 persen suara jatim. Sebab, capres Prabowo Subianto juga dikenla dekat dengan gerbong habib dan ulama Jatim.

“Sudah tiga kali pemilu, Prabowo tentu hafal betul simpul suara mana di Jatim yang berpengaruh,” kata Surokim, ketika dihubungi, Sabtu (16/9).

Kedekatan Prabowo dengan beberapa kiai yang ada di Indonesia khususnya di Jatim memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah Prabowo dekat dengan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Maka dari itu, berkat kedekatan yang terjaga dengan baik, hal tersebut berdampak positif pada elektoral Prabowo menjelang Pilpres 2024, khusunya di wilayah Jateng Kendati demikian, Surokim melanjutkan, baik kubu Prabowo dan Ganjar, disarankan untuk mengambil Cawapres yang masih ada kaitannya erat dengan kader Nahdlatul Ulama (NU).

Hal itu lantaran guna menjegal langkah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin perihal mendapatkan suara mayoritas di Jatim. 

“Tapi kalau seandainya kader NU tidak ada yang maju di posisi Cawapres, apakah Cawapresnya Pak Prabowo atau Ganjar, saya kira Cak Imin akan diuntungkan,” kata Surokim. (JPG)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker