Pertamina Ungkap Temuan Baru Kasus Air Sumur Tercemar BBM

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengungkapkan temuan baru dari hasil investigasi air sumur di Desa Pengasinan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang diduga tercemar oleh bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Riva menerangkan pihaknya telah mengirim tim investigasi dan dia mendapat laporan bahwa sumur yang menjadi sumber air warga berada di posisi lebih tinggi dibandingkan tempat penyimpanan BBM di SPBU terdekat.

“Jadi memang benar apa adanya laporan yang kami terima itu posisi sumurnya sendiri memang lebih tinggi (dari penyimpanan BBM di SPBU),” kata Riva saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR yang dipantau secara daring di Jakarta Rabu, seperti dilansir dari Antara, Kamis (14/9/2023).

Dia menambahkan sebagai langkah penanganan lebih lanjut, Pertamina telah menghentikan penyaluran BBM melalui SPBU di daerah tersebut.

Menurut hasil temuan investigasi terbaru, Riva mengungkapkan dari beberapa sumur yang diteliti terdapat satu sumur yang terindikasi telah terkontaminasi.

“Dari beberapa sumur yang kita coba lihat ini memang hanya ada satu sumur yang memang diindikasikan terkontaminasi dan BBM-nya ini memang jernih jadi tidak terlihat ada kebocoran atau rembesan. Tapi memang BBM-nya sendiri kalau diambil bersama-sama dengan Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) kemarin itu jernih sekali BBM-nya,” terang Riva

Dia menuturkan pihaknya terus melakukan investigasi lebih luas dengan menggaet aparat penegak hukum serta Puslabfor untuk menyelidiki penyebab pencemaran air tersebut termasuk adanya dugaan penimbunan BBM.

“Dilakukan investigasi yang lebih luas untuk melihat apakah ada potensi-potensi seperti yang tadi kita diskusikan bersama-sama terkait dengan penimbunan dan kita memang melakukannya itu bersama-sama, tidak hanya dengan APH (aparat penegak hukum) tapi juga dengan Puslabfor,” ujar Riva.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128