Trending Topik

Menang 9-0 atas China Taipe Bukti Sepak Bola Indonesia Berkembang

Abadikini.com, SOLO – Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menyebut kemenangan telak 9-0 atas timnas China Taipei U-23 dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024 untuk Grup K di Stadion Manahan, Solo, Sabtu adalah tanda bahwa sepak bola Tanah Air jauh berkembang ke arah yang lebih baik.

Sembilan gol Indonesia diraih delapan pemain berbeda yaitu Marselino Ferdinan (2 gol), Pratama Arhan, Elkan Baggot, Ilham Rio Fahmi, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Hokky Caraka.

“Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada para pemain atas kerja kerasnya. Dengan skor yang ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah berkembang, lebih baik dari sebelumnya,” ucap Shin Tae-yong pada jumpa pers setelah pertandingan, Sabtu (9/9/2023).

Timnas U-23 selalu gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 dan Shin, sejak melatih Indonesia pada Januari 2020, juga pernah gagal mengantarkan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tepatnya pada edisi tahun 2022. Ketika itu, Indonesia gagal lolos karena disingkirkan Australia dengan agregat 2-4.

Kemenangan telak melawan China Taipei membuat Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup K dengan 3 poin, menggeser pemuncak klasemen sebelumnya yang dipegang Turkmenistan yang kini harus turun di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Hasil ini membuat Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara Grup K dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang rencananya bakal digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei tahun depan nanti.

“Saya memberikan motivasi kepada seluruh pemain bahwa kita pasti bisa dan pertandingan ini berjalan kreatif sebelumnya dan kita bisa menang,” kata Shin soal kunci kemenangan telak timnya melawan China Taipei.

“Saya tegaskan terus-terusan saat latihan, meeting, bahwa kita harus fokus. Dan para pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, pelatih 52 tahun itu menatap penuh optimistis laga pamungkas melawan Turkmenistan yang akan digelar di Stadion Manahan, Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB.

Turkmenistan adalah lawan yang tidak boleh diremehkan karena mereka juga meraih kemenangan telak dengan skor 4-0 dari China Taipei pada laga perdana Grup K Piala Asia U-23 2024, Rabu (6/9) yang lalu.

Tim asuhan Agamyradov Ahmet itu juga mendapat keuntungan karena memiliki jeda istirahat cukup lama untuk menatap laga kedua dari lama pertama yang berlangsung pada tiga hari yang lalu.

“Mereka cukup banyak istirahat, kami pasti akan bisa adaptasi. Memang tidak mudah, tapi kita pasti bisa meraih kemenangan. Kita akan berusaha semaksimal mungkin,” ucap Shin dikutip dari Antara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker