Bantai Jerman 4-1, Pelatih Jepang: Pemain Kami Belajar di Bundesliga

Abadikini.com, JAKARTA – Pelatih tim nasional sepak bola Jepang, Hajime Moriyasu memuji timnya yang meraih kemenangan besar dari tuan rumah Jerman, 4-1 pada FIFA Matchday, Sabtu (9/9/2023) atau Minggu (10/9/2023) dini hari WIB. Ia juga berterima kasih kepada Jerman, lantaran banyak pemainnya yang menimba ilmu di Liga Jerman, Bundesliga.

“Saya ingin menegaskan, kita telah mendapat banyak dukungan dari Jerman. Banyak pemain telah belajar selama mereka merumput di Bundesliga. Kami sangat berterima kasih kepada Jerman,” kata Moriyasu, dikutip dari AFP Minggu (10/9/2023).

Dari skuad yang dipanggil Hajime Moriyasu dalam laga persahabatan melawan Jerman dan Turki, sebanyak 5 pemain timnas Jepang yang berlaga di Bundesliga. Mereka ialah dua pemain belakang Ko Itakura (Borussia Moenchengladbach) dan Hiroki Ito (VfB Stuttgart), gelandang Ritsu Dōan (SC Freiburg) dan Ao Tanaka (Fortuna Düsseldorf), dan penyerang Takuma Asano (VfL Bochum).

Dua nama terakhir menjadi penyumbang gol Jepang saat melumat timnas Jerman 1-4. Sementara dua gol Jepang lainnya dicetak oleh Junya Ito dan Ayase Ueda, sedangkan gol semata wayang Jerman dicetak oleh Leroy Sane.

Ini merupakan kali kedua secara beruntun timnas Jepang mengalahkan der Panzer, julukan timnas Jerman. Sebelumnya, Jepang juga mempecundangi Jerman 2-1 di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Jerman gagal melangkah ke babak gugur pada kompetisi tersebut.

“Kami memberikan tekanan yang cukup besar pada Jerman. Kami harus lebih kompak, semua harus bertahan, semua harus menyerang, kita perlu bereaksi secara dinamis,” ungkap Moriyasu terkait kunci kemenangan timnya atas Jerman.

Meski berhasil mengalahkan sang juara dunia empat kali itu, Moriyasu meminta timnya tidak jemawa. Menurutnya, skuad Samurai Biru, julukan timnas Jepang, masih memiliki banyak ruang untuk berkembang

“Kita tidak boleh hanya mengucapkan selamat kepada diri kita sendiri, tetapi kita perlu terus mengembangkan diri. Ada lebih banyak tim, lebih banyak tantangan, jadi dalam hal ini, kita masih memiliki banyak tugas,” kata Moriyasu, yang sudah menangangi timnas Jepang sejak tahun 2018 itu.

Jepang kini telah memenangi tiga pertandingan berturut-turut menjelang turnamen Piala Asia yang digelar Januari mendatang di Qatar. Sementara bagi Jerman, kekalahan dari Jepang membuat mereka belum memenangi lima laga terakhir (4 kalah, 1 imbang). Hal ini menambah tekanan bagi pelatih Hansi Flick, yang kini posisinya sebagai der trainer di ujung tanduk.

“Anda bisa melihat seberapa banyak Jepang telah berkembang dan seberapa besar sepakbola telah berkembang di sana. Anda bisa melihat seberapa terampil mereka, baik dalam serangan maupun pertahanan. Kami perlu lebih banyak memperbaiki diri,” kata Flick.

Jepang akan menghadapi Turki pada hari Selasa (12/9/2023) dalam pertandingan persahabatan terakhir selama jeda internasional. Sementara Jerman akan menghadapi finalis Piala Dunia 2022, Prancis.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker