Korsel dan Tiongkok Puji Keberhasilan Indonesia sebagai Tuan Rumah KTT Ke-43 ASEAN

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Korea Selatan dan Tiongkok memuji keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Hal itu diungkapkan dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dengan dua negara, yakni Korea Selatan dan Tiongkok pada Jumat (8/9/2023) di Istana Merdeka Jakarta.

“Dalam pertemuan dengan kedua pemimpin secara terpisah, Presiden Korea Selatan dan dan Perdana Menteri Li Qiang sangat menghargai, menyampaikan selamat atas keberhasilan Indonesia dalam menjadi tuan rumah memimpin KTT ASEAN dan KTT lainnya,” ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Retno menjelaskan pertemuan dari Tiongkok dan Korea Selatan menjadi penutup rangkaian KTT dan pertemuan bilateral selama Indonesia menjadi tuan rumah. Sebanyak 12 kali Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) dengan 13 kali pertemuan bilateral telah selesai dilakukan.

“Ini adalah sekaligus menutup rangkaian KTT ke-43 dan KTT lainnya bersama pertemuan bilateral lainnya, jadi total ada 12 KTT dan lebih dari 13 pertemuan bilateral, dan Alhamdulilah berjalan dengan lancar,” ungkap Menlu Retno.

Sebagaimana diketahui, Tiongkok dan Korea Selatan hadir pada hari ini dalam rangka pertemuan bilateral. Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeo, bersama rombongan tiba di Istana Merdeka pukul 08.30 WIB, sementara Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang tiba pukul 10.00 WIB.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan kunjungan tersebut diantaranya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam agenda yang sama hadir pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker