Kim Jong Un: Angkatan Laut Akan Jadi Bagian Deterens Nuklir Korut

Abadikini.com, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan angkatan lautnya akan menjadi bagian dari deterens nuklir Korut, menurut media pemerintah pada Selasa (29/8/2023) waktu setempat.

Korut diyakini sedang mempercepat upaya untuk mengerahkan rudal balistik berhulu ledak nuklir strategis yang dapat diluncurkan dari kapal selam serta drone bawah air yang dilengkapi nuklir.

Dalam pidatonya pada Senin untuk memperingati Hari Angkatan Laut yang jatuh pada Selasa, Kim menyebut pemimpin Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai “bos geng”.

Dia menekankan perlunya AL “bersiap mematahkan keinginan musuh untuk berperang”, menurut laporan kantor berita resmi Korut, KCNA.

Awal bulan ini, ketiga pemimpin negara tersebut menyetujui latihan militer gabungan reguler.

Kim mengatakan tindakan konfrontatif mereka yang “sembrono” membuat perairan Semenanjung Korea menjadi “perairan paling tidak stabil dengan bahaya perang nuklir”.

Dia mengunjungi komando AL Korut bersama istrinya Ri Sol Ju, adik perempuannya Kim Yo Jong, dan putrinya Kim Ju Ae.

Deterens nuklir (nuclear deterrence) adalah teori dalam hubungan internasional yang menyatakan bahwa kepemilikan senjata nuklir oleh suatu negara dapat mencegah serangan negara lain.

Sumber: Kyodo

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128