Prabowo Dinilai Berhasil Raih Dukungan Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai berhasil meraih dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Dukungan itu dinilai banyak kalangan tergambar melalui beberapa kedekatan yang terekam saat keduanya sering berjalan bersama dalam sebuah acara, baik acara kenegaraan maupun tak resmi.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry melihat bahwa Presiden Jokowi  belakangan ini memang selalu memberikan sinyal kuat dukungannya terhadap Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) tersebut. Hal itu turut dikuatkan dengan hasil survei yang telah dikeluarkan oleh LSN.

“Kalau dari temuan kami di survei ada kecenderungan dari Pak Jokowi ini memberikan dukungan kepada Pak Prabowo,” kata Gema dalam keterangan dikutip, Senin (28/8/2023).

Gema melanjutkan, hal itu juga dibuktikan dari kesempatan Presiden Jokowi kerap mengajak Prabowo dalam acara kunjungan kepresidenan. Salah satunya adalah ke Pasar Bululawang dan pabrik PT Pindad yang ada di Jawa Timur.

Tak hanya itu, dukungan juga terlihat dari banyaknya sikap partai politik (parpol) yang berada di bawah naungan pemerintahan secara tiba-tiba memutuskan bergabung kepada koalisi KKIR.

“Dari beberapa kunjungan kepresidenan beliau (Presiden Jokowi) selalu mengajak Pak Prabowo. Kemudian dari beberapa sikap parpol juga yang berada di bawah naungan pemerintahan saat ini seperti Golkar dan PAN yang secara tidak terduga secara tiba-tiba bergabung kepada Prabowo,” terang Gema.

“Ini semakin menegaskan bahwa memang ada upaya dukungan dari Pak Jokowi kepada Pak Prabowo dan itu ditangkap oleh publik,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil survei yang telah dikeluarkan oleh LSN periode 10–19 Juli 2023, Prabowo diyakini publik sebagai tokoh yang kemungkinan besar mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi. Survei tersebut menjelaskan bahwa Prabowo diyakini masyarakat mendapatkan dukungan dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebesar 45,3 persen.

Adapun Capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo hanya mendapatkan kemungkinan dukungan dari Presiden Jokowi sebanyak 30,2 persen. Gema pun meyakini aliran dukungan dari Presiden Jokowi terhadap Prabowo akan semakin jelas terlihat jelang pilpres 2024.

“Berdasarkan hasil survei kami juga ini sekitar 45,3 persen publik meyakini bahwa Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo pada pilpres nanti di 2024 dan 2029,” ujar Gema.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128