Ukraina Berharap Indonesia Bantu Rekonstruksi Pascaperang

Abadikini.com, JAKARTA – Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin mengharapkan Indonesia membantu Ukraina dalam pembangunan kembali ekonomi dan infrastruktur negara itu yang lumpuh akibat perang.

“Saya sangat optimistis terhadap masa depan hubungan kita,” kata Hamianin Jumat (18/8/2023).

Dia optimistis hubungan bilateral Ukraina-Indonesia meningkat ke tingkat yang lebih baik lagi, sekalipun mereka tengah menghadapi invasi Rusia.

Hamianin juga mengharapkan kerja sama keamanan siber dan teknologi informasi antara kedua negara juga meningkat, karena kedua negara memiliki kemampuan dan pengalaman yang sangat baik dalam bidang-bidang tersebut.

Selain itu, dia menginginkan hubungan bilateral yang lebih erat dalam bidang pendidikan, ketahanan pangan dan energi, transisi energi dan energi hijau, serta keamanan global dan keamanan nuklir.

“Pada dasarnya, banyak bidang yang diblokir oleh agresi Rusia dalam 430 hari terakhir. Tetapi, saya yakin kerja sama di bidang-bidang tersebut akan bisa dilanjutkan dan dibangun kembali,” kata Hamianin.

Saat ini, kedua negara tengah mengerjakan beberapa dokumen terkait kerja sama bilateral, namun penuntasan dokumen tersebut tergantung kepada upaya dari kedua belah pihak, sambung dia.

“Saya yakin ini akan dapat meningkatkan kerja sama bilateral,” kata Hamianin.

Dia menyampaikan selamat atas Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dan mengharapkan yang terbaik bagi rakyat Indonesia.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128