Selamat.. Kota Tidore Ditunjuk sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara 2023

Abadikini.com, JAKARTA – Kota Tidore Kepulauan mendapat kado spesial menjelang peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, Kota yang dipimpin oleh Capt. H. Ali Ibrahim, MH dan Muhamad Sinen, SE, tersebut akhirnya ditunjuk dan ditetapkan sebagai tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023 oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasi (Menkomarvest) RI, Luhut Binsar Panjaitan.

“Saya Minta Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara menjadi tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023,” ungkap Luhut saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Nusantara 2023 di kantor Kemenkomarvest, Selasa (15/8/2023) sore, sebagai tuan rumah.

Menariknya, Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim, MH, diminta untuk hadir dan damping Menkomarvest Luhur Binsra Panjaitan dalam memimpin Rakor yang juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno, dan sejumlah pejabat eselon I dan II kementerian lembaga, serta Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda dan pimpinan OPD Kota Tidore melalui zoom meeting.

Usai menunjuk Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah, Luhut juga meminta Kementerian Perhubungan sebagai Ketua Penyelenggara Pusat Hari Nusantara Tahun 2023. “Saya minta Kementerian Perhubungan sebagai Ketua Penyelenggara Pusat,” minta Luhut dihadapan peserta Rakor dan langsung disanggupi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Orang nomor satu di Kemenkomarvest RI tersebut menegaskan kepada kementerian dan lembaga lain untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Tidore.

“Saya minta tim Kemenkomarvest untuk segera menyusun Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemartiman dan Investasi tentang Panitia Penyelenggara Peringatan hari Nusantara Tingkat Nasional,” perintah Luhut kepada jajarannya.

Sementara itu, Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim yang pada saat Rakor berada tepat di samping kanan Luhut, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat melaui Kemenkomarvest menunjuk dan menetapkan Tidore sebagai tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023 pada Desember mendatang.

Walikota dua periode ini juga menegaskan, pihaknya bersama jajaran pemerintah Kota Tidore dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 yang hari puncaknya akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2023 di Tidore.

“Kami siap menjadi tuan rumah dan akan memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaran Hari Nusantara pada bulan Desember Tahun 2023 mendatang di Tidore,” tegas Ali Ibrahim dihadapan Luhut.

Ali Ibrahim juga menyentil, Tidore sudah pengalaman menjadi tuan rumah event bertaraf Nasional, salah satunya yaitu Sail Tidore Tahun 2022 yang berlangsung sukses.

Selain itu, Dukungan penuh dari berbagai Kementerian/Lembaga saat mengikuti rakor tersebut, salah satunya disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, siap mendukung Kota Tidore sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara Tahun 2023 karena pada Tahun lalu Kota Tidore sukses melaksanakan Sail Tidore Tahun 2022, “kami siap mendukung dan berperan aktif untuk mensukseskan hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan.” tegas Sandiaga Uno.

Senada juga disampaikan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyampaikan, siap mendukung penuh pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 ini, “saya pikir ini menarik karena Kota Tidore menjadi Tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023 ini, karena kami juga memiliki berbagai pelabuhan penyeberangan dan bandar Udara, kami juga akan bekerjasama dengan berbagai kementerian/Lembaga salah satunya Kementerian Pariwisata untuk mensukseskan hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan pada Desember mendatang.” kata Budi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker