Penyanyi Sinéad O’Connor Sekaligus Aktivis Islam Irlandia Tutup Usia

Abadikini.com, JAKARTA – Penyanyi Sinéad O’Connor yang juga dikenal sebagai aktivis Irlandia meninggal dunia pada usia 56 tahun. Ia diketahui wafat pada Rabu, (26/7/2023) waktu setempat. Kabar ini pertama kali diumumkan oleh keluarganya yang merasa begitu terpukul dengan kepergiannya.

Kepergian O’Connor jelas menyisakan duka mendalam bukan hanya bagi keluarga dan orang-orang terdekat, tetapi juga bagi publik Irlandia. Taoiseach (PM Irlandia) Leo Varadkar mengatakan musiknya dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tak tertandingi. Sementara itu, Presiden Irlandia Michael D Higgins memuji keaslian O’Connor serta suaranya yang indah dan unik.

“Apa yang telah hilang dari Irlandia pada usia yang relatif muda adalah salah satu komposer, penulis lagu, dan pemain kami yang terhebat dan paling berbakat dalam beberapa dekade terakhir, seseorang yang memiliki bakat unik dan hubungan luar biasa dengan pendengarnya, yang semuanya memiliki cinta dan kehangatan yang begitu besar untuknya. dia,” katanya.

Mendengar kabar kepergian O’Connor pembuat film Belfast Kathryn Ferguson ikut terpukul. Terlebih ia menjadi salah satu dari beberapa orang terakhir yang berbicara dengan O’Connor sebelum kematiannya.

Ferguson diketahui sedang mengerjakan film dokumenter tentang O’Connor, berjudul Nothing Compares yang merupakan persembahan spesial dan apresiasi untuk O’Connor. Film tersebut rencananya akan dirilis Sabtu, 29 Juli 2023 mendatang.

“Film kami benar-benar, bagi saya, itu adalah surat cinta untuk Sinéad. Itu dibuat selama bertahun-tahun. Dan dibuat karena pengaruhnya terhadap saya sebagai seorang gadis muda yang tumbuh di Irlandia. Dia adalah salah satu musisi paling radikal dan luar biasa yang pernah kami miliki. Dan kami sangat, sangat beruntung memilikinya,” katanya kepada BBC Radio 4’s Front Row.

Sementara itu, media sosial juga dibanjiri penghormatan kepada penyanyi tersebut setelah kematiannya diumumkan seperti yang disampaikan penyanyi Alison Moyet. Dalam keterangannya, Alison menyebut bahwa O’Connor memiliki kehadiran yang mencengangkan dan suara yang “memecahkan batu dengan kekuatan secara bertahap”.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab meninggalnya penyanyi yang dikenal lewat lagu Nothing Compares 2 U itu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker