Menhan Inggris Peringatkan Ukraina Untuk Berterima Kasih

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace pada Rabu (12/7/2023) waktu setempat mengatakan bahwa Ukraina perlu menunjukkan rasa terima kasih atas sumbangan persenjataan dari negara-negara sekutu, yang disebutnya “bukan Amazon”.

London merupakan salah satu pendukung Kiev paling setia sejak Ukraina diinvasi Rusia tahun lalu. Perdana Menteri Rishi Sunak menyatakan Inggris dan sekutunya akan meningkatkan dukungan mereka kepada Ukraina.

Namun, Wallace memperingatkan bahwa Ukraina harus meyakinkan anggota legislatif Amerika Serikat dan “para politisi yang ragu di negara lainnya bahwa dukungan itu layak diberikan”.

“Suka atau tidak, orang-orang ingin melihat (Ukraina) menunjukkan rasa terima kasih,” katanya di sela-sela KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Lithuania.

Wallace mengatakan hal itu saat menjawab pertanyaan wartawan tentang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang mengeluh bahwa Kiev tidak diberi jadwal untuk bergabung dengan NATO.

Wallace mengaku ingat ketika mengunjungi Ukraina tahun lalu, dia diperlihatkan sebuah daftar belanja persenjataan.

“Kalian tahu, kami bukanlah Amazon,” kata Menhan Inggris itu, merujuk pada perusahaan ritel dan teknologi asal AS.

“Saya mengatakan itu kepada mereka tahun lalu, ketika saya berkendara selama 11 jam untuk diberikan daftar itu,” katanya, menambahkan.

Zelenskyy pada Rabu melunakkan sikapnya dengan mengatakan bahwa hasil KTT itu baik meski tidak ada undangan formal ke Ukraina agar dapat bergabung dengan NATO.

Dia juga mengatakan bahwa dia menerima kabar baik tentang paket bantuan pertahanan dari para sekutu.

Dalam konferensi pers, Zelenskyy menyatakan dia tidak memahami komentar Wallace.

“Kami selalu berterima kasih kepada Inggris, perdana menteri dan menteri pertahanan karena orang-orang selalu mendukung kami,” katanya.

“Saya tidak tahu apa maksudnya dan bagaimana lagi kami harus berterima kasih. Mungkin sang menteri ingin sesuatu yang spesial, tetapi kami memiliki hubungan yang luar biasa,” kata Zelenskyy.

Menanggapi komentar Wallace, PM Inggris Rishi Sunak mengatakan bahwa Zelenskyy telah berterima kasih atas dukungan yang diberikan sejauh ini dan lebih banyak lagi bantuan akan diberikan sesuai kebutuhan.

“Presiden Zelenskyy dalam beberapa kesempatan telah mengutarakan rasa terima kasihnya atas apa yang telah kami lakukan. Saya memahami sepenuhnya keinginan Volodymyr untuk berbuat apa saja guna melindungi rakyatnya dan menghentikan perang ini, dan kami akan terus mendukung apa pun yang dia butuhkan,” kata Sunak dalam konferensi pers di KTT NATO.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128