Raffi Ahmad Pecahkan Rekor Shopee Live dengan Omzet Rp7 Miliar

Abadikini.com, JAKARTA – Raffi Ahmad berhasil memecahkan rekor omzet penjualan melalui live streaming dalam 12 jam di Shopee Live dengan total transaksi hingga Rp7 miliar.

“Halo Sobat Shopee! Aku mau bilang terima kasih, terima kasih terima, kasih kalian udah nonton gue kemaren belanja di Shopee Live 12 jam promo puncak Shopee 7.7! Keren banget Bombastis! Total jualannya TokoPapaRaffi hampir 7 miliar, nih aku kasih liat ya, sini sini sini,” kata Raffi dalam unggahan video di akun Instagram-nya, Senin (10/7).

“Tuh liat nih, Wuuuhuuuw top mantap is the best!!! Alhamdulillah banget hampir 7 miliaaaarr, aduh makasih banyak ya guysss. Terima kasih terima kasih, terima kasih. Belanja di Shopee Live paling murah pastinya di Shopee, udah gitu Shopee Live juga semua diskon 50 persen! Shopee emang top mantap is the best,” imbuh Raffi.

Sebagai informasi, sesi live streaming spesial 12 jam nonstop bersama Raffi Ahmad di Shopee Live dihadirkan sebagai salah satu bagian dari kemeriahan hari puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang jatuh pada Jumat (7/7).

Terlihat antusiasme pengguna setia Shopee yang tentunya juga merupakan penggemar setia dari RANS berpartisipasi dalam rangkaian sesi livestream di hari puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale.

Sautan “Toko Papa Raffi Emang Paling Affordable!”, “Toko Papa Raffi Emang Paling Bombastis”, atau “Checkout Checkout Checkout” untuk meramaikan sesi live hingga berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan menjadi alasan tingginya antusiasme pengguna terhadap sesi spesial Live Bareng Toko Papa Raffi di Shopee Live.

Tidak hanya melalui seruan promo saja, bukan Raffi namanya jika tidak berinteraksi dengan penonton dari Shopee Live. Bukan hanya menjelaskan produk-produk yang sedang ditawarkan saja, tetapi juga berinteraksi dengan membacakan komen atau menjawab pertanyaan detail terkait produk di kolom chat.

Mengutip Antara, Raffi Ahmad, yang telah dikenal namanya sebagai aktor, penyanyi, pengusaha serta presenter, kembali menorehkan kesuksesannya yang bombastis melalui sesi live streaming 12 jam Raffi Ahmad bersama Shopee Live dengan memecahkan rekor dengan total transaksi hingga Rp7 miliar.

Kemeriahan hari puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale ini memang diwarnai oleh berbagai pencapaian. Selain diramaikan oleh Raffi Ahmad, yang dikenal namanya sebagai aktor, penyanyi, pengusaha serta presenter dan menorehkan kesuksesannya yang bombastis melalui sesi live streaming di Shopee Live, TokoPapaRaffi juga berada di urutan nomor 1 pada Top Shopee Live Streamers.

Kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang dihadirkan oleh Shopee ini juga banyak menarik minat masyarakat dalam berbelanja khususnya pada kategori pakaian dan kecantikan, dua kategori yang menjadi kategori favorit dan paling banyak dicari dengan peningkatan transaksi melalui Shopee Live yang signifikan.

Pilihan produk seperti moisturizer, lipstik, dan foundation menjadi produk favorit pengguna Shopee saat berbelanja kategori kecantikan di Shopee Live. Sedangkan tas, sepatu, dan kemeja menjadi pilihan produk yang paling banyak dibeli melalui live shopping. Tidak heran jika kampanye ini di gadang-gadang sebagai promo live beauty & fashion terbesar.

Tidak perlu diragukan lagi, dengan lamanya periode Raffi berkecimpung di dunia presenter dan entertainment, interaksi yang dibangun melalui sesi livestream di Shopee Live sangat seru dan meningkatnya daya tarik pengguna Shopee.

Apalagi rangkaian kolaborasi seru antara Raffi Ahmad dan Shopee sudah sering kita saksikan sejak lama. Mulai dari penampilan seru di TV Show di beberapa kampanye sebelumnya, keseruan iklan TV yang dibintangi oleh Raffi, Shopee Live di kampanye 7.7 yang sedang berlangsung, dan yang paling bombastis adalah pencetakan rekor live streaming dengan omzet terbesar pada hari puncak kampanye kemarin.

Di luar dari prestasi Raffi yang luar biasa, pencapaian rekor ini juga dipengaruhi oleh faktor kuatnya fitur yang digunakan, yakni Shopee Live. Shopee Live merupakan fitur live streaming yang dapat ditemukan melalui aplikasi platform e-commerce Shopee.

Sesuai dengan data SimilarWeb, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi selama bulan Mei 2023 dengan 161 juta pengunjung, jauh mengungguli Tokopedia yang meraih 106 juta pengunjung dan Lazada 70 juta pengunjung.

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa Shopee masih menempati posisi pertama pada peta persaingan e-commerce saat ini. Hal ini terbukti dari hasil riset ‘Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023’ dari Snapcart yang dipublikasikan bulan Maret lalu terdapat beberapa indikator yang dapat memberikan gambaran mengenai kondisi pasar e-commerce pada awal tahun 2023.

Riset tersebut mengungkap bahwa berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen), dan Lazada (7 persen).

Hal tersebut didukung dengan hasil pada indikator merek yang paling pertama diingat atau Top Of Mind, Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 70 persen, diikuti oleh Tokopedia (22 persen), Lazada (5 persen), dan TikTok Shop (2 persen).

Data tersebut, dapat mengungkap realita situasi pasar pada awal tahun 2023, walau sering digadang-gadang mengambil pasar dari pemain utama e-commerce di Indonesia baik Shopee, Tokopedia ataupun Lazada, perkembangan TikTok Shop masih terlalu dini untuk disimpulkan.

Mengutip dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop.

Lalu bagaimana dengan situasi pasar live shopping saat ini, apakah ada perbedaan? Cara belanja yang sedang menarik antusiasme masyarakat adalah live shopping, khususnya karena interaksi yang ditawarkan. Saat ini para pemain e-commerce pun berlomba-lomba berinovasi dan berinvestasi pada area tersebut.

Melalui laporan teranyar dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja online menggunakan fitur live streaming menyimpulkan bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya.

Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live yang jauh tertinggal dengan angka 25 persen.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 30 persen suara.

Melalui riset yang sama ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen); kecantikan, perawatan & kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).

Untuk melengkapi temuan tingginya animo masyarakat menggunakan fitur live shopping untuk membeli produk fashion dan kecantikan, Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, yang membuat TikTok Live sebagai pemain baru belum mampu mengimbangi dengan hasil 44 persen.

Sama halnya untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi jauh di atas TikTok Live (51 persen) yang gagal mengejar posisi Shopee. Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merek/fitur live streaming yang paling disukai, di mana Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66 persen), sementara TikTok Live (28 persen) belum bisa mengejar ketertinggalannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker