PBB Partai Pertama Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg di KPUD Nunukan

Abadikini.com, NUNUKAN – Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi partai politik (Parpol) pertama menyerahkan berkas perbaikan bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024, di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nunukan, Kalimantan Utara.

“Inilah bukti kesiapan PBB Nunukan mengikuti pemilu 2024 mendatang,” kata ketua DPC PBB Nunukan Andre Pratama pada Niaga.Asia, Kamis (6/7/2023).

Tidak hanya siap mengikuti pemilu, PBB Nunukan sangat serius memberikan dukungan kepada 20 Bacaleg yang sudah terdaftar. Segala administrasi yang telah diupload pada Silon KPUD Nunukan diyakini lengkap.

Dalam berkas perbaikan, PBB memasukan dua nama Bacaleg baru di Daerah Pemilihan (Dapil) II dan Dapil III, serta satu orang Bacaleg pindah Dapil, perubahan nama Bacaleg tersebut diharapkan menghasilkan suara maksimal.

“Pemilu sebelumnya PBB dapat 1 kursi, pemilu 2024 kita target dapat 3 kursi DPRD Nunukan,” sebutnya.

Andre menuturkan, dari total 20 orang Bacaleg PBB, 81 persen Bacaleg berusia 41 tahun kebawah. Para generasi milenial ini diharapkan mampu memberikan pemikiran terbaiknya untuk bangsa dan negara lewat lembaga legislatif.

Soal keterwakilan perempuan, anggota DPRD Nunukan ini menyebutkan pada Dapil I Nunukan memiliki keterwakilan perempuan 100 persen, Dapil II Nunukan Selatan sebesar 50 persen, Dapil III Kecamatan Sebatik sebanyak 33 persen dan Dapil IV sekitar 33 persen.

“Kita menyiapkan porsi cukup besar untuk keterwakilan perempuan untuk bisa berkiprah di dunia politik,” kata Angre.

Ditanya alasan tidak mencalonkan 30 Bacaleg sesuai jumlah kursi DPRD, Andre beralasan percuma memiliki banyak caleg jika tidak mampu meraih suara pemilih, akan lebih baik caleg sedikit namun memiliki hasil suara besar.

Selama ini, kata dia, PBB selalu tampil terdepan membela kepentingan masyarakat dalam segala bidang dan urusan, terutama hal-hal menyangkut urusan sosial dan kehidupan di lingkungan warga.

“Segala urusan masyarakat kita bantu baik dukungan moril, biaya, tenaga hingga pikiran-pikiran,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, KPUD Nunukan dalam rapat pleno yang digelar Minggu 25 Juni 2023 mengumumkan hasil verifikasi administrasi berkas Bacaleg, dimana terdapat 380 berkas Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan 43 berkas Memenuhi Syarat (MS).

Pemilu di Kabupaten Nunukan diikuti 16 parpol dengan jumlah Bacaleg sebanyak 423 orang, dari hasil verifikasi itu pula, tidak satupun Parpol dinyatakan lengkap dalam artinya, belum sepenuhnya memenuhi syarat sebagaimana pedoman pendaftaran caleg.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker