Wapres Ma’ruf Amin Optimistis Satelit SATRIA-1 Permudah Konektivitas Digital Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimistis peluncuran Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) akan mempermudah konektivitas digital di seluruh tanah air sekaligus mendukung kedaulatan bangsa.

“Peluncuran satelit itu akan memudahkan semua daerah, politisnya itu, dalam rangka kita mau mengimplementasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga bisa terkoneksi semua daerah itu, dari seluruh daerah melalui satelit,” ujar Wapres dalam keterangan pers usai Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Satelit yang diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada Senin (19/06/2023) ini dibangun oleh PT Satelit Nusantara Tiga (SNT) dan dirakit oleh Thales Alenia Space (TAS) di Prancis.

Satelit ini akan memfasilitasi layanan internet di 50 ribu titik fasilitas publik dengan kecepatan 4 Mbps dan digadang bakal meratakan akses internet di area tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Wapres menekankan, keberadaan SATRIA-1 secara khusus juga akan memperkuat pelayanan publik, terlebih saat ini pemerintah tengah menggenjot transformasi digital melalui MPP digital.

“Internet ini bukan hanya soal pemerintahan, tapi juga soal pendidikan, soal juga ekonomi, yang lain-lain,” ujarnya.

Wapres pun optimistis, satelit ini bisa membawa faedah bagi pembangunan bangsa Indonesia.

“Manfaatnya tentu akan membawa banyak hal yang [memerlukan] perbaikan-perbaikan di dalam rangka pembangunan nasional secara menyeluruh,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker