Ketum Dharma Pertiwi: Ibu-ibu merupakan “Dokter” Tanpa Legalitas

Abadikini.com, JAKARTA – Ibu selalu memegang peranan penting dalam setiap sendi kehidupan, tanpa terkecuali dalam hal kesehatan di dalam keluarga. Ibu adalah orang yang cenderung memiliki perhatian lebih soal kesehatan. Walaupun secara formal tidak mengeyam pendidikan kedokteran tapi ibu sudah menjadi bagian dari tim kesehatan, tim nakes bagi anak dan keluarga di rumah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Vero Yudo Margono saat memberikan sambutan pada kegiatan Ceramah Kesehatan tentang ibu sehat adalah pilar utama dalam mewujudkan generasi penerus yang cerdas, tangguh dan kreatif dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 57 IKKT PWA, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Jum’at (16/6/2023).

Dihadapan 618 peserta ceramah yaitu 210 peserta secara tatap muka dan 408 peserta secara daring Ny. Vero Yudo Margono menyampaikan bahwa ibu-ibu memegang peranan yang sangat sentral dan strategis dalam kehidupan keluarga, sebagai peletak dasar pilar utama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Seorang ibu merupakan pendidik utama dalam keluarga yang dimulai sejak sang bayi dalam kandungan bahkan setelah dewasa sang anak masih mendapat bimbingan dalam mengarungi bahtera keluarga dan kehidupan bermasyarakat,” terang Ketum IKKT.

Lebih lanjut Ny. Vero Yudo Margono menerangkan bahwa bila pilar pendidikan utama dalam keluarga itu sudah memiliki kualitas yang handal maka keluarga dan anak-anak  akan menjadi keluarga dan anak-anak yang berkualitas tinggi. “Berbagai upaya yang telah dilakukan para ibu seperti menerapkan pola hidup sehat, menyiapkan makanan sehat dan memasak masakan bergizi serta menjaga kebersihan pakaian dan rumah, merupakan wujud cinta dan kasih sayangnya agar seluruh anggota sehat, cerdas, tangguh dan kreatif,” jelas Ketum IKKT

“Ibu yang sehat jasmani maupun rohani akan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas serta tangguh yang akan membangun masa depan bangsa serta memenuhi kebutuhan anak-anak sehingga menjadi penerus bangsa yang cerdas, tangguh dan sehat,” tutup Ny. Vero Yudo Margono

Ceramah kesehatan tentang ibu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 57 IKKT PWA diisi narasumber dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dr. Bayu Brahma, SP.  B. Subsp. Onk (K) yang sehari-hari menjabat sebagai staf Bedah Onkologi di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta dengan tema “Deteksi Dini Kanker Payudara” dan narasumber kedua Wakapuskes TNI Marsma TNI Dr. dr. Arief Setiawan dengan mengangkat tema “Pengantar Kesehatan Reproduksi”.

Hadir pada kegiatan ceramah kesehatan tersebut diantaranya  Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia Ny. Linda Agum Gumelar, Ketua Harian IKKT PWA Ny. Shinta Bambang Ismawan dan para pejabat pengurus pusat IKKT PWA.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker