Bupati Ruksamin Hadiri Pekan Nasional Petani Nelayan 2023 di Sumbar

Abadikini.com, PADANG – Bupati Konawe Utara Ruksamin menghadiri undangan Menteri Pertanian Republik Indonesia dan Gubernur Sumatera Barat dalam rangka mengikuti acara Pembukaan Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 yang bertempat di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6).

Diperkirakan kurang lebih 40.000.000 orang dari kelompok petani dan nelayan dari seluruh pelosok nusantara, termasuk gubernur, bupati/walikota se-Indonesia.

“Suatu kehormatan bagi saya untuk berada di antaranya,” kata Ruksamin dikutip Senin, (12/6/2023).

Menurut Ruksamin, Penas Tani Nelayan tahun ini akan menjadi bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan.

“Dampak fenomena iklim ELNINO yang berpotensi memberi ancaman kekeringan yang cukup parah terhadap pertanian. Selain itu, ketegangan politik di berbagai belahan dunia juga turut memberi tantangan terhadap pembangunan di sektor pertanian dan ketahanan pangan negara,” ujar politisi Partai Bulan Bintang Sultra itu.

Karena itu, momentum Penas Tani Nelayan 2023 ini diharapkan bisa menjawab berbagai tantangan di atas. Salah satu kegiatan nantinya adalah Pameran Pembangunan Pertanian dari Kementerian Pertanian.

“Tema program yang akan disung yakni “Mitigasi, Adaptasi, dan Dampak Perubahan Iklim”. Semoga pelaksanaan Penas Tani Nelayan 2023 berjalan lancar dan minim kendala. Amiin,” harap Ruksamin.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker