Goal Perkemahan Wirakarya untuk Tingkatkan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta

Abadikini.com, BANTEN – Kegiatan perkemahan Pramuka Wirakarya  untuk mengaktifkan dan mengembangkan dunia kepramukaan di tanah air, sehingga mampu menjadi contoh bagi daerah lain untuk kepentingan pembangunan masyarakat maupun untuk meningkatkan sistem pertahanan rakyat semesta.

Demikian disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dalam amanatnya yang dibacakan oleh Paban III/Tahwil Ster TNI Kolonel Arm Budi Saroso pada acara api unggun Penutupan Pramuka Wirakarya TA 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Tanah Merdeka, Cisata Kabupaten Pandegelang, Banten, Kamis (8/6).

Aster Panglima TNI menyampaikan bahwa  dilaksanakannya kegiatan Pramuka Wirakarya ini adalah sebagai bentuk integrasi generasi Pramuka dengan masyarakat untuk mengembangkan kemampuan generasi Pramuka beradaptasi di lingkungan masyarakat dalam rangka membantu mengatasi dan meringankan beban masyarakat melalui karya bakti dan sosialisasi.

“Diharapkan melalui kegiatan ini akan semakin mengasah kepekaan generasi Pramuka terhadap setiap persoalan dan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat,” harap Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Kegiatan Pramuka Wirakarya yang diselenggarakan selama lima hari ini para peserta lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan bagi peserta dalam banyak hal yang dihadapi oleh masyarakat di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno juga berpesan kepada pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang agar menjaga dan melestarikan sumbangsih yang diberikan Mabes TNI melalui kegiatan Pramuka Wirakarya.

“Sehingga bumi Perkemahan Tanah Merah dapat digunakan pada event-event penting lainnya untuk mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan Kabupaten Pandeglang pada umumnya,” tutup Aster Panglima TNI.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Wirakarya Tahun 2023 ini diikuti oleh kader-kader Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega Trisaka TNI (Saka Wira Kartika, Saka Bahari dan Saka Dirgantara) dari seluruh wilayah Indonesia yang beranggotakan personel baik Militer, PNS TNI maupun sipil.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker