Anies-Airlangga Bisa jadi Lawan Berat Ganjar dan Prabowo

Abadikini.com, JAKARTA – Bakal calon presiden (bacawapres) Anies Baswedan akan menjadi kuat jika berpasangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Duet ini bahkan bisa dengan mudah mengalahkan bacawapres dari PDIP Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto yang akan diusung oleh Gerindra.

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan mengatakan, Partai Golkar merupakan partai besar yang jauh dari euforia setiap kancah pesta politik. Akan tetapi, perolehan suara secara nasional, Golkar selalu memperoleh posisi kedua atau ketiga.

“Artinya kestabilan itu luar biasa. Nah maka dalam hal itu, tentu Airlangga dalam posisi ketua umum Partai Golkar, itu memiliki kekuatan politik yang cukup besar,” ujar Tamil dalam keterangan, Jumat (9/6/2023).

Sehingga dengan kekuatan politik yang cukup besar itu, Airlangga merupakan sosok yang sangat tepat jika berpasangan dengan Anies Baswedan.

“Ketika Anies berpasangan dengan Airlangga, maka itu akan menjadi suatu kekuatan politik tersendiri yang akan menjadi lawan yang sangat tangguh bagi Ganjar maupun Pak Prabowo,” kata Tamil.

Dosen Universitas Dian Nusantara ini menilai, Airlangga tidak mungkin berpasangan dengan Ganjar. Mengingat, tidak ada komunikasi politik yang terjalin baik antara Airlangga dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sementara jika bersanding dengan Prabowo, kata Tamil, masih banyak poin-poin yang harus dipertimbangkan, termasuk eksistensi politik di ruang publik.

“Maka ketika ditimbang dengan Anies, saya kira itu adalah pasangan yang paling ideal. Di satu sisi Anies yang kemudian katakanlah ceruk pemilihnya golongan kanan, nah dengan kehadiran Golkar, maka akan mengaburkan stigma-stigma radikalisme yang disematkan kepada Anies,” kata Tamil.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker