Indonesia Pastikan Hattrick Juara Umum di ASEAN Para Games 2023

Abadikini.com, JAKARTA РKontingen Indonesia mencetak hattrick juara umum di ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja setelah koleksi medali emas skuad Merah Putih dipastikan tak terkejar dari para pesaing dalam pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-12 tersebut.

Hingga Rabu pukul 22:00 WIB, Kontingen Merah Putih mengoleksi 128 emas, 112 perak, 72 perunggu. Untuk emas, jumlah tersebut melampaui target yang dicanangkan yakni 121 keping.

Secara hitungan raihan emas sudah tak terkejar Thailand yang menjadi pesaing terdekat dengan mengumpulkan 96 emas, 82 perak, 60 perunggu.

“Puji syukur karena apa yang kita cita-citakan dan harapkan seluruh kontingen, pada malam ini bisa mencapai prestasi membanggakan. Kita sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun menyisakan dua hari pertandingan,” kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023) malam.

Andi memaparkan secara perhitungan, jumlah 128 medali emas yang diraih saat ini tak mungkin bisa dikejar Thailand. Apalagi, Indonesia masih menyisakan sederet laga final seperti dari cabang olahraga para-tenis meja, para-bulu tangkis, sepak bola CP, dan para-catur.

“Ini menjadi sejarah baru Indonesia bisa tiga kali beruntun juara umum atau hattrick. Ini tidak mudah dicapai oleh negara lain dan hasil kerja keras banyak pihak sejak pelatnas hingga tiba di Kamboja,” ujarnya menambahkan.

Tim Merah Putih menambah 28 medali emas pada hari ini dari cabang olahraga para-renang, bola voli duduk, para-atletik, para-angkat berat, dan para-catur.

Para-renang menyumbang medali emas melalui Fajar Nur Hardianto (100meter gaya dada putra SB4), Muhd Gerry Pahker (100meter gaya dada putra SB6), 200 meter individual medley SM9 oleh Jendi Pangabean, dan estafet 4×100 meter gaya bebas yang menurunkan Marinus Melianus Yowei, Maulana Rifky Yavianda, Manaser Meriba Numberi, dan Sunarto.

Kemudian para-atletik tampil fantastis pada hari ini dengan menyumbangkan 10 medali emas.

Tak ketinggalan, cabang para-catur dan para-angkat berat juga menyumbangkan medali emas masing-masing enam keping medali emas.

Emas dari cabang voli duduk didapatkan setelah mengalahkan Kamboja. Bertanding di Elephant Hall, Morodok Techo, dengan skor 3-2 (26-24, 25-22, 18-25, 18-25, 15-13).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker