Indonesia kokoh di Puncak Klasemen medali ASEAN Para Games

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia semakin kokoh berada di puncak klasemen sementara perolehan medali ASEAN Para Games 2023 Kamboja dengan tambahan emas yang diperoleh pada hari pertama penyelenggaraan, Minggu.

Kontingen Indonesia hingga Minggu malam tercatat berada di peringkat pertama dengan total perolehan 72 medali, yang terdiri dari 30 emas, 26 perak, dan 16 perunggu.

Tim nasional para-renang Indonesia menyumbang sembilan medali emas pada hari pertama kompetisi dengan Jendi Pangabean menjadi pembuka keran medali emas.

Prestasi juga diukir tim nasional Judo tunanetra atau blind judo Indonesia yang menyapu bersih medali emas pada lima kelas yang dipertandingkan pada hari pertama.

Cabang olahraga para-atletik juga mempersembahkan delapan emas untuk Indonesia. Demikian pula dengan para-angkat putri besi yang mampu menyumbang tiga medali emas, dan para-catur yang meraih empat emas.

Selisih raihan emas Indonesia semakin jauh dari peringkat kedua, yang menjadikan Merah Putih semakin nyaman duduk di puncak klasemen.

Sementara Indonesia sejak Minggu siang memimpin klasemen, perubahan kedudukan dalam klasemen terjadi di bawah peringkat kontingen Merah Putih.

Vietnam menggeser Filipina untuk menduduki peringkat kedua, sedangkan Thailand dari posisi kelima melejit ke urutan ketiga.

Terjadi persaingan ketat di antara kedua negara tersebut, dengan Vietnam mengumpulkan 16 medali emas, sementara Thailand 15 medali emas.

Di urutan keempat, Filipina dengan sembilan emas bersaing ketat dengan Malaysia, yang berada di posisi kelima, dengan selisih satu emas.

Sementara itu, tuan rumah Kamboja berada di urutan kedelapan dengan dua emas saat Timor Leste membuat kejutan meraih satu emas untuk berada di posisi kesembilan.

Berikut klasemen perolehan medali ASEAN Para Games 2023 pada Minggu (3/6) pukul 23.00 WIB (tidak ada perbedaan waktu dengan Kamboja) menurut laman resmi panitia ASEAN Para Games 2023 Kamboja, games.cambodia2023.com.

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128