Trending Topik

Ngerii.. Jet J-16 China Manuver Agresif dekat Pesawat Pengintai AS di atas Laut China Selatan

Abadikini.com, JAKARTA – Jet tempur China dilaporkan melakukan manuver secara agresif di dekat pesawat pengintai Amerika Serikat (AS). Insiden tersebut terjadi di atas Laut China Selatan pada Jumat (26/5) lalu.

Komando Indo-Pasifik AS mengatakan pilot jet tempur J-16 terbang dan bermanuver tepat di hidung pesawat pengintai RC-135, bahkan memaksa pesawat Amerika itu untuk terbang melalui turbulensinya.

Perilaku konfrontatif itu diabadikan dalam video yang direkam dari kokpit pesawat AS. Terlibat J-16 milik China membelok dari kanan ke kiri memotong jalur RC-135 yang terlihat bergetar akibatnya.

Jet J-16  China itu dilaporkan berada hanya sekitar 120 meter dari RC-135.

“RC-135 melakukan operasi yang aman dan rutin di atas Laut China Selatan di wilayah udara internasional, sesuai dengan hukum internasional,” tambah Komando Indo-Pasifik AS, seperti dikutip Bloomberg via rmol, Rabu (31/5/2023).

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China. Bahkan China telah menolak permintaan AS untuk menggelar pertemuan dua menhan selama pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura pekan ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker