PT Toarco Jaya Gandeng Unhas Kerja Sama Penelitian Budidaya Kopi Toraja 

Abadikini.com, MAKASSAR – PT Toarco Jaya menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk bekerja sama dalam penelitian budi daya Kopi Toraja guna meningkatkan kualitas produksi dan pemberdayaan petani.

Presiden Direktur PT Toarco Jaya Hideaki Suzuki mengatakan pihaknya fokus memproduksi Kopi Arabika bermutu tinggi dengan mengelola perkebunan sendiri seluas 530 hektare di pedamaran Bokin, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Untuk memaksimalkan proses pengelolaan perkebunan kopi yang dimiliki, tentu diperlukan pemahaman yang lebih terkait teknik budi daya kopi oleh para petani, khususnya dalam menghadapi masalah perubahan iklim yang terjadi,” katanya dalam keterangan, Jumat (26/5/2023).

Hideaki Suzuki mengatakan kerja sama dengan Unhas sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan riset dan penelitian guna menjawab berbagai permasalahan dalam proses teknis budi daya kopi, sebagai upaya peningkatan kualitas mutu dari bahan dan produk yang akan dihasilkan.

Sementara itu Rektor Unhas Jamaluddin Jompa mengapresiasi kerja sama tersebut. Ia mengatakan perubahan iklim telah menjadi persoalan serius dan menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi media tanam dan pertumbuhan tanaman kopi.

“Kerja sama ini adalah momentum terbaik untuk kami berkontribusi dalam menjawab masalah dan tantangan yang dihadapi para petani kopi, khususnya dalam produksi. Unhas akan siap membentuk tim yang tergabung dari Fakultas Pertanian untuk pengembangan riset dan teknologi,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar Lutfie Natsir mengatakan Qatar tertarik dengan potensi kopi asal Sulawesi Selatan yang memiliki cita rasa enak serta keunggulan lainnya.

Ia menjelaskan negara di Timur Tengah itu bahkan siap melakukan pendampingan kepada para petani kopi Sulsel agar kualitas kopinya semakin baik dan layak diekspor ke negara tersebut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker