Puan Maharani: MUI Berperan Dalam Persatuan Umat dan Bangsa

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sangat berperan dalam merawat persatuan umat dan bangsa.

“Sebagai Ketua DPR RI saya meyakini sepenuhnya, keberadaan MUI akan terus konsisten menjadi pengayom dan pembimbing umat islam Indonesia dan juga umat beragama lainnya,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Hal itu disampaikan Puan saat menghadiri halalbihalal MUI bersama perwakilan lembaga/kementerian negara dan tokoh politik di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (18/5/2023) malam.

Puan menjelaskan MUI terus menjaga, merawat dan mengembangkan semangat ukhuwah Islamiyah  (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan) dan ukhuwah insaniyah  (persaudaraan sesama umat manusia).

Hal itu kata dia, demi tercapainya persatuan nasional sebagai prasyarat terlaksananya pembangunan nasional untuk tujuan kesejahteraan rakyat.

“Kembali kepada jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ditakdirkan Allah SWT menjadi bangsa yang majemuk dari berbagai macam suku, agama dan kepercayaan, ras, bahasa dan golongan namun disatukan oleh suatu semangat Bhinneka Tunggal Ika yang berdasarkan Pancasila,” ujarnya menegaskan.

Selain itu, MUI sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan fatwa atau hukum dalam Islam, telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk norma-norma hukum agama oleh para pembentuk undang-undang.

“MUI menjadi salah satu pilar bangsa yang membawa keharmonisan bagi Indonesia. Saya meyakini MUI memiliki peran besar bagi tercapainya semangat persatuan nasional,” tuturnya.

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker