Korban Tewas Penembakan Massal di Nigeria Capai 80 Orang

Abadikini.com, ABUJA – Jumlah korban tewas akibat serangan puluhan penyerang di dataran rendah Nigeria  tengah utara mencapai 80 orang termasuk empat staf Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), kata otoritas setempat hari Kamis (18/5/2023) dengan para korban yang selamat masih mencari jenazah beberapa hari setelah insiden tersebut terjadi.

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, penyerang tak dikenal pada Selasa (16/5) lalu menyerang konvoi dua kendaraan pemerintah AS di Wilayah Pemerintah Daerah Ogbaru di negara bagian Anambra, Nigeria.

Konvoi itu membawa sembilan warga negara Nigeria, lima karyawan Misi AS ke Nigeria dan empat anggota Kepolisian Nigeria. Mereka melakukan perjalanan sebelum kunjungan yang direncanakan oleh personel Misi AS ke proyek tanggap banjir yang didanai AS di Anambra.

Di lokasi lain, para penyerang menargetkan beberapa desa di distrik Mangu yang terpencil di Plateau selama serangan yang dimulai sehari sebelumnya Senin (15/5) dan berlangsung hingga keesokan harinya, menurut para warga.

Pemakaman terus dilakukan sejak Kamis (18/5) kemarin di sebagian wilayah Mangu yang terletak 60 kilometer dari Jos, ibu kota negara bagian tersebut.

Polisi mengatakan kepada Associated Press bahwa tujuh tersangka telah ditangkap.

“Ini adalah situasi tembakan sporadis di berbagai desa yang luas,” kata Alabo Alfred, juru bicara komando.

Krisis keamanan di wilayah barat laut dan pusat negara tersebut telah menghambat perkembangan Nigeria, meskipun negara ini merupakan ekonomi terbesar di Afrika dan salah satu produsen minyak terkemuka di benua tersebut.

Setelah puluhan tahun konflik, para penggembala saat ini dan mantan penggembala dari suku Fulani mengambil senjata melawan petani karena akses terbatas ke lahan dan air. Serangan-serangan tersebut terkadang merupakan tindakan pembalasan dan sebagian besar terjadi di daerah terpencil di mana pasukan keamanan kalah jumlah dan senjata.

Hingga kemarin, keluarga-keluarga di distrik Mangu di Plateau tidak dapat mengambil jenazah korban di wilayah yang masih berbahaya, kata Philip Pamshak, yang telah membantu dalam pemakaman massal.

“Tempat itu masih berbahaya, jadi kami harus melarikan diri,” katanya.

Dalam pernyataan, Wakil Gubernur Plateau, Sonni Tyoden, mengutip para kepala suku setempat yang dia temui saat mengunjungi wilayah yang terkena dampak, bahwa setidaknya 10 desa menjadi sasaran dalam serangan tersebut.

Penduduk setempat mengatakan serangan itu dilakukan oleh para penggembala setelah seorang penduduk mengeluh bahwa kebun pisangnya telah dihancurkan oleh ternak mereka.

Para korban selamat mengatakan kepada AP bahwa para penyerang datang dalam jumlah besar dan tersebar di seluruh desa, membakar rumah sambil menembaki orang-orang.

“Ketegangan melanda di mana-mana. Mereka membacok beberapa orang dan menembaki yang lain,” kata Yaputat Pokyes, salah satu korban selamat.

Banyak penduduk telah melarikan diri dari wilayah tersebut sementara yang terluka sedang dirawat di berbagai rumah sakit, katanya.

Penduduk juga mengatakan pasukan keamanan baru tiba setelah serangan berlangsung selama satu hari, mengulangi kritik dari para analis bahwa pasukan keamanan terkadang lambat merespons ketika kekerasan terjadi.

Confidence MacHarry, dari perusahaan keamanan SBM Intelligence yang berbasis di Lagos, mengatakan pasukan keamanan Nigeria tidak mampu mencegah atau merespons dengan cepat serangan-serangan seperti itu karena sistem peringatan dini mereka tidak efektif dan mereka kekurangan persenjataan dan personel untuk mencegah serangan-serangan tersebut.

“Untuk sistem peringatan dini dapat berfungsi, kita seharusnya mendapatkan laporan tentang serangan yang akan datang dan mekanisme respons untuk mencegah terjadinya serangan,” kata MacHarry.

Sementara itu, polisi yang sedang menyelidiki serangan mematikan terpisah di negara bagian Anambra di tenggara mengatakan dua tersangka telah ditangkap. Serangan terhadap konvoi AS hari Selasa diduga dilakukan oleh separatis kekerasan di wilayah tersebut.

Jumlah korban tewas juga meningkat dari empat menjadi tujuh, termasuk tiga staf Kedutaan Besar Amerika Serikat dan empat petugas polisi, kata Echeng Echen, kepala kepolisian di Anambra.

“Komando kepolisian negara bagian dan lembaga keamanan lainnya bekerja keras, berkolaborasi dengan Pemerintah Negara Bagian Anambra, untuk mencari dan menyelamatkan (dua) pejabat yang hilang” bersama kedutaan, kata Echeng.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker