Akademisi Nilai Kemenangan Timnas karena Kelembagaan PSSI yang Baik

Abadikini.com, JAKARTA – Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Poppy Sulistyaning Winanti menilai kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games salah satunya disebabkan oleh kelembagaan PSSI yang baik.

“Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih emas di SEA Games ini juga sangat dipengaruhi oleh kelembagaan (PSSI) yang baik,” kata Poppy, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5/2023).

Menurut dia, kelembagaan yang baik itu memotivasi atlet untuk berprestasi. Poppy pun menilai kelembagaan PSSI yang baik itu merupakan wujud keberhasilan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam membenahi federasi sepak bola Indonesia itu.

“Erick tengah membuat kelembagaan di PSSI menjadi profesional,” tambah dia.

Poppy pun mengatakan motivasi yang disampaikan oleh Erick kepada Timnas Indonesia U-22 sebelum bertanding menjadi faktor lain yang membawa tim tersebut meraih medali emas dalam cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023.

“Hasilnya terbukti dengan kemampuan teknik yang diberikan pelatih Indra Sjafri serta Erick memberikan motivasi, menekankan sportivitas dan menumbuhkan mental juara, membuahkan emas di SEA Games. Meningkatkan etos kerja, menekankan sportivitas, dan menumbuhkan mental juara juga selalu ditanamkan Erick di perusahaan BUMN,” kata dia.

Tim Nasional Indonesia U-22 mengakhiri penantian medali emas selama 32 tahun dari cabang olahraga sepak bola, berkat kemenangan 5-2 atas Thailand pada pertandingan final yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Garuda Muda tidak memperoleh kemenangan itu dengan mudah. Setelah unggul 2-0 pada babak pertama, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 menjelang waktu normal usai. Namun, Indonesia kemudian mampu mengamankan medali emas berkat tiga gol tambahan pada masa tambahan waktu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker