Sebanyak 115 Calon Jamaah Haji Kota Tidore 2023 Mengikuti Pratek Manasik

Abadikini.com, TIDORE – Sebanyak 115 Calon Jamaah Haji (CHJ) Kota Tidore Kepulauan yang akan berangkat musim haji tahun 2023 mengikuti pratek manasik haji di Lapangan depan SMP N 1 Kota Tidore Kepulauan, Rabu (17/5/2023).

Sebelum melaksanakan pratek tawaf mengelilingi miniatur ka’bah para calon jamaah haji dikumpulkan terlebih dahulu di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore untuk mendapat bimbingan bagaimana cara memakai pakaian ihram dan apa-apa saja yang dilarang ketika tawaf.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan Ibrahim Muhammad dalam arahannya mengatakan dengan adanya prektek manasik ini diharapkan kepada CJH untuk bersungguh-sungguh serta memperbaharui niat dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

“kita berharap supaya calon jamaah haji dalam melaksanakan pratek manasik ini mengikutinya secara bersungguh-sungguh sesuai dengan apa yang diarahkan oleh pembimbing kita, karena ini sangat penting nantinya apabila kita sudah sampai di tanah suci dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dan yang terpenting perbaharuilah niat dalam melaksanakan ibadah haji, niatkanlah melaksanakan ibadah haji karena Allah Ta’ala, “ Ujar Kepala Kemenag Tidore Kepulauan.

Hal senada juga disampaikan oleh pembimbing manasik Ali M Tero menurutnya bahwa pelaksanaan pratek manasik ini sangat banyak manfaat bagi calon jamaah haji, sebab apa-apa yang didapatkan dalam manasik ini akan dipratekkan oleh calon jamaah haji nantinya apabila telah sampai di tanah suci dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Pelaksanaan menasik haji dimulai pukul 09.00 WIT ini diikuti oleh CJH dengan penuh semangat walaupun dalam suasana cuaca di Kota Tidore Kepulauan yang begitu terik dan panas, hal ini terbukti dengan diikutinya setiap apa ayang diajarkan oleh pembimbing manasik terutama dalam pratek tawaf mengelilingi miniatur Ka’bah sebanyak tujuh kali awal hingga akhir.

Perlu diketahui CJH Kota Tidore Kepulauan direncanakan akan diberangkatkan pada tanggal 28 Mei 2023 nanti,  acara pelepasan akan dilaksanakan di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker