KPU Bali Terima Pendaftaran Bacaleg 18 Parpol dan DPD

Abadikini.com, DENPASAR – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali menerima berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif dari 18 partai politik dan 18 orang bakal calon DPD RI untuk Pemilu 2024.

“Kami akhirnya tuntas menerima pendaftaran bakal caleg dari 18 partai politik dan 18 orang bakal calon DPD Dapil Bali, cuma kami belum bisa merekap karena ternyata di laman Silon (Sistem Informasi Pencalonan) ada menu yang hilang,” kata Ketua KPU Bali Lidartawan di Denpasar, seperti dikutip dari Antara, Senin (15/5/2023).

Untuk partai politik, Lidartawan mengatakan ada kendala pada Silon sehingga baru akan direkap ulang setelah Senin dini hari, sementara untuk berkas bakal calon DPD sudah diterima seluruhnya pada Sabtu (13/5).

Pada hari terakhir pendaftaran bakal caleg untuk DPRD Bali, Minggu (14/5), terdapat delapan parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran, yakni Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, Partai Buruh, dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Partai Gelora menjadi partai politik terakhir yang menyerahkan berkas pendaftaran 31 orang bacalegnya, lantaran terkendala aplikasi Silon sehingga mendapat kelonggaran dari KPU Bali dengan hanya menyetorkan berkas fisik dan data salinan yang dapat dibaca komputer.

Sementara untuk bakal calon DPD, Lidartawan menyebut Ismaya Jaya atau biasa disapa Keris menjadi orang yang terakhir mendaftar dengan iringan genderang para simpatisannya.

Suasana ramai bak pesta juga berlangsung saat pendaftaran bakal calon DPD dan bacaleg partai politik lainnya, seperti pada hari terakhir pendaftaran Minggu (14/5) sebelum pukul 23.59 Wita, setidaknya 1.000 orang mendampingi Partai Golkar datang ke kantor KPU Bali.

Kader dan simpatisan Partai Golkar menampilkan kesenian Bali gamelan baleganjur yang diiringi konvoi masyarakat berbagai profesi. Kemudian Ketua DPD Golkar Bali Sugara Korry datang menaiki dokar dengan kusirnya adalah Krisna dari tokoh Mahabarata.

Sebelum Partai Golkar, Partai Demokrat pada Minggu siang juga datang ke KPU dengan iringan kesenian reog, sementara pengurus dan bacaleg Partai Gerindra tiba dengan pakaian serba putih dan iringan baleganjur.

Lidartawan menambahkan KPU Bali selanjutnya akan melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas persyaratan bacaleg dari partai politik dan bakal calon DPD.

Berikut 18 partai politik peserta pemilu 2024 yang telah mendaftarkan bacaleg di KPU Bali:

1. PDI Perjuangan
2. Partai PKS
3.Partai NasDem
4. Partai Demokrat
5. Partai PKB
6. Partai Amanat Nasional (PAN)
7. Partai Golongan Karya (Golkar)
8. Partai PPP
9. Partai Gerindra
10. Partai Bulan Bintang (PBB)

11. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
12. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
13. Partai Perindo
14 Partai Garuda
15. Partai PKN
16. Partai Gelora
17. Partai Buruh
18. Partai Ummat

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker