Lewati Jalanan Rusak Parah di Lampung, Jokowi Bilang Begini

Abadikini.com, LAMPUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung Jumat (5/5/2023). Ada hal yang tidak biasa saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ini, yakni kondisi jalan rusak yang cukup parah.

Hal ini terlihat dalam rekaman video yang beredar. Dalam video itu, nampak Jokowi menaiki mobil Mercy berpelat Indonesia 1 melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Mobil dinas kepresidenan ini terlihat kesulitan menjajal jalan lantaran tidak teraspal secara menyeluruh. Selain itu, nampak banyak genangan air di jalan yang berlubang.

Untuk menghindari jalan yang rusak, mobil Jokowi nampak berjalan zig-zag. Namun, lantaran jalan yang rusak hampir terjadi di seluruh ruas, mobil terpaksa melewati jalanan tersebut hingga terlihat seperti terombang-ambing.

Sebelumnya, Jokowi meminta Menteri Basuki Hadimuljono dan jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil alih pengerjaan dan perbaikan jalan rusak di Provinsi Lampung. Jokowi menyatakan, Kementerian PUPR dapat mengambil alih perbaikan jalan rusak itu apabila pemerintah provinsi maupun kabupaten di Lampung tidak mampu mengerjakannya.

“Secepat-cepatnya dimulai yang bisa yang kira-kira kalau provinsi tidak memiliki kemampuan kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU. Utamanya yang jalannya rusak parah,” tegas Jokowi usai mengunjungi pasar tradisional di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023) pagi.

Jokowi menjelaskan, infrastruktur jalan merupakan kunci dalam menekan biaya logistik sekaligus berpengaruh pada pengendalian inflasi harga kebutuhan pokok masyarakat.

“Ini melihat kita melihat inflasi melihat harga-harga tetapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci. Biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” ungkap Jokowi.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker