Satgas TNI Evakuasi WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air Usai Laksanakan Misi

Abadikini.com, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) TNI berhasil melakukan misi kemanusiaan terakhir dengan mengevakuasi sebanyak 344 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 25 Warga Negara Asing (WNA) Bangladesh, Filipina, Australia serta Sudan. Pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara yang membawa WNI tersebut tiba di Pangkalan TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (1/5/2023), sekitar pukul 14.00 WIB.

Sejak diberangkatkan pada 25 April 2023 lalu, penerbangan pesawat TNI AU dengan nomor registrasi A-7305 ini, sukses menjalani misi ini dengan gemilang, meskipun tugas yang diemban tidaklah ringan. Berbagai tantangan dan kendala mampu diatasi dengan baik. Ini adalah pemulangan tahap ketiga, sekaligus menutup seluruh proses evakuasi.

Dengan mendaratnya pesawat TNI AU yang mengangkut WNI yang berada di Sudan akibat konflik bersenjata yang berkepanjangan, maka Satgas TNI telah berhasil melaksanakan salah satu tugas pokok dan tanggungjawabnya kepada bangsa dan rakyat Indonesia untuk selalu melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan di manapun mereka berada.

Tidak hanya itu, misi kemanusiaan yang dijalankan oleh TNI ini juga merupakan bagian dari diplomasi militer bahwa TNI akan selalu siap dan aktif dalam berkontribusi memberikan bantuan kepada masyarakat dunia internasional. Dalam misi kemanusiaan ini Satgas TNI yang  dipimpin  mission commander Kolonel Pnb Noto Casnoto beserta kru pesawat,  personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI  dan staf Kemenlu tidak hanya berhasil mengevakuasi WNI akan tetapi juga WNA dari berbagai negara.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker