Kasus COVID-19 Meningkat di Thailand

Abadikini.com, BANGKOK – Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah menyatakan keprihatinan tentang lonjakan kasus Covid-19 dan mendesak kelompok rentan untuk mendapatkan dosis penguat vaksin, kata penjabat juru bicara pemerintah Anucha Burapachaisri baru-baru ini.

“Perdana Menteri telah mengikuti situasi pandemi Covid-19 dan memerintahkan Kementerian Kesehatan Masyarakat untuk terus menilai situasi serta memantau dengan cermat penyebaran sub-varian XBB.1.16,” kata Anucha.

Data dari Departemen Pengendalian Penyakit (DDC) menunjukkan lonjakan kasus Covid-19 selama dan setelah liburan panjang Songkran Thailand dua minggu lalu. Antara 9 dan 15 April, departemen tersebut melaporkan 435 kasus baru sebelum jumlahnya melonjak menjadi 1.088 pada minggu berikutnya.

Peningkatan tersebut diperkirakan akan berlanjut selama 1-2 minggu ke depan, kata direktur jenderal DDC Tares Krassanairawiwong.

Menurut Anucha, penyebaran Covid-19 lazim di kota-kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi seperti Bangkok, Phuket, Chiang Mai dan Chonburi. Dia menambahkan bahwa sebagian besar kasus ditularkan di antara keluarga dan pertemuan besar.

“Kementerian Kesehatan memperkirakan penyebaran Covid-19 akan meningkat pada musim hujan. Itu telah meninjau sarannya tentang vaksinasi, menjadikannya praktik tahunan. Kami ingin meminta masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 tahunan sebelum musim hujan dimulai, ”kata Anucha.

Warga Thailand disarankan untuk mendapatkan satu dosis per tahun dan vaksin harus diberikan setidaknya tiga bulan setelah dosis sebelumnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker