Pekerja Indonesia di Hong Kong Harus Waspada Penipuan Berkedok Asmara

Abadikini.com, JAKARTA – Konsulat Jenderal RI di Hong Kong mengingatkan kalangan pekerja migran Indonesia agar selalu waspada terhadap penipuan berkedok asmara atau romance scam.

“Tidak bosan kami terus mengimbau teman-teman PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Hong Kong untuk waspada terhadap modus penipuan asmara seperti ini,” kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar dilansir dari Antara Jumat (21/4/2023).

Menurut dia, kejahatan berkedok asmara merajalela dan tidak sedikit menjadikan pekerja migran Indonesia di Hong Kong menjadi korban.

Modusnya, ungkap dia, pelaku membujuk dan merayu korban, mulai dari menjalin hubungan dekat, meminjam uang, hingga memberikan harapan segera menikah. Pelaku yang mengaku memiliki pekerjaan mapan kemudian merekam percakapan dengan menggunakan aplikasi video.

“Ini harus benar-benar diwaspadai. Jangan sampai lengah sehingga Anda menjadi objek pemerasan dan penipuan berkedok asmara yang akhirnya merugikan diri sendiri. Fokuslah bekerja untuk mencapai tujuan yang baik sesuai harapan,” pesan Ricky kepada para pekerja migran Indonesia.

Atas dasar laporan beberapa pekerja migran di Hong Kong mengenai ada unsur penipuan asmara, pemerasan, ancaman, dan pemalsuan data, KJRI bergerak cepat berkoordinasi dan mendalami kasus bersama dengan kepolisian di Indonesia.

“Hasilnya, terduga pelaku saat ini sudah ada yang ditangkap oleh Polda Jatim,” kata Ricky.

Dia mengharapkan dukungan dari aparat penegak hukum, baik di Indonesia maupun di Hong Kong,

“Kami selalu terus berupaya mewujudkan kehadiran negara untuk memberikan pelindungan terbaik kepada para PMI,” ujar Ricky.

Jumlah pekerja migran Indonesia di Hong Kong mencapai 180 ribu yang hampir semuanya berjenis kelamin perempuan yang bekerja dalam sektor informal, seperti pembantu rumah tangga atau merawat lansia.

sumber: Antara

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker