Jokowi Balik ke Jakarta Saksikan Megawati Umumkan Ganjar Capres 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terbang ke Jakarta dari Solo, Jawa Tengah, Jumat, 21 April 2023. Jokowi disebut kembali ke Jakarta untuk menyaksikan penunjukkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Betul, Presiden ke Jakarta untuk agenda internal. Sore nanti akan kembali ke Solo, untuk salat Ied dan berlebaran dengan keluarga pada esok hari,” ujar Bey saat dikonfirmasi, Jumat (21/4/2023).

Jokowi sebelumnya sudah berada di Solo sejak 18 April 2023 untuk cuti Lebaran. Namun, Jokowi harus kembali ke Jakarta karena harus mengikuti agenda partai. Kepulangan Jokowi untuk tujuan tersebut dibenarkan oleh sumber Tempo di PDI Perjuangan.

Menurut sumber Tempo, ada lima orang yang bakal merapat ke Batutulis, yakni Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Bendahara PDIP Olly Dondokambey, dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ganjar Pranowo disebut juga bakal hadir di sana.

“Sementara untuk kader lain diminta merapat ke DPD menyaksikan melalui Zoom,” ujar sumber Tempo tersebut.

Sumber Tempo tersebut menceritakan alasan Megawati mengumumkan Ganjar sebagai capres sehari sebelum Lebaran, karena Megawati ingin memberikan “hadiah” kepada partainya. Megawati mengumumkan nama Ganjar sebagai capres setelah melalui proses menyendiri.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengatakan calon presiden 2024 yang bakal diusung partainya tidak semata-mata ditunjuk berdasarkan elektabilitas yang tinggi. Dia menjelaskan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menyiapkan sejumlah kriteria.

Kriteria capres itu di antaranya merupakan sosok pemimpin yang kokoh secara ideologi, visioner, mumpuni, punya kemampuan profesional, namun juga memahami kehendak rakyat.

“Pengambilan keputusan terhadap capres akan dilakukan Bu Mega pada momentum yang tepat dan itu tidak didasarkan semata-mata pada aspek elektoral karena variabel kepemimpinan itu sangat banyak,” kata Hasto di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker