PT Pelni Siapkan Enam Kapal Layani Pemudik di NTT

Abadikini.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kupang menyiapkan enam armada kapal penumpang untuk melayani masyarakat di Nusa Tenggara Timur selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Jumlah kapal penumpang yang kami siapkan totalnya ada enam, dan semuanya beroperasi dengan baik dan siap melayani arus mudik di wilayah NTT,” kata Kepala Cabang Pelni Kupang Harianto Sembiring di Kupang, Jumat (14/4/2023).

Ia mengatakan bahwa enam kapal itu adalah kapal-kapal yang selama ini melayani penumpang kapal Pelni di wilayah NTT .

Enam kapal penumpang itu adalah KM Umsini, KM Awu, KM Bukit Siguntang, KM Wilis, serta KM Sirimau dan KM Lambelu yang selama ini sudah melayani penumpang di NTT.

Sampai sejauh ini ujar Harianto arus mudik di NTT khususnya melalui Pelabuhan Tenau Kupang belum terlihat meningkat secara signifikan beberapa hari terakhir dengan  beberapa rute pelayaran Pelni.

Dia mengatakan terakhir pada Kamis (13/4) pukul 01.00 WITA terdapat 500 pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan KM Sirimau.

“Padahal kapasitas kapal mencapai 2.000 orang,” ujar dia.

Tetapi lanjut dia, selama ini jika dilihat dari jumlah pemudik dan tujuannya, rute Makassar justru lebih banyak dibandingkan dengan rute pelayaran di wilayah NTT.

“Hal ini karena banyak orang Bugis atau Makassar yang berdomisili di Kupang khususnya,” tambah dia.

Selain enam kapal penumpang, Pelni juga menyiapkan enam kapal Perintis yang berlayar dan singgah di pelabuhan-pelabuhan kecil di pulau-pulau terpencil di wilayah NTT hingga ke Maluku.

Enam kapal perintis itu juga tambah dia tidak terlalu diminati oleh masyarakat, hanya saja lebih banyak membawa komoditas ke pulau-pulau yang dituju.

Enam kapal perintis itu adalah Sabuk Nusantara 67, Sabuk Nusantara 87, Sabuk Nusantara 28, Sabuk Nusantara 108, Sabuk Nusantara 90, dan Sabuk Nusantara 104.

Terkait apakah ada kapal yang dok atau dalam perawatan kata dia semuanya sudah siap. Beberapa waktu lalu juga ujar dia ada yang sudah dok dan dipersiapkan untuk angkutan mudik.

Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker