Menteri PUPR Ungkap Kesiapan Infrastruktur Dukung Kelancaran Mudik

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan dukungan infrastruktur untuk kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Kalau mudik itu kan tiga hal yang biasanya, satu prasarananya, dua regulasinya, tiga perilakunya. Itu yang menentukan keberhasilan mudik maupun arus balik nanti. Saya dari prasarana,” ujar Basuki, dalam keterangan persnya, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/04/2023).

Basuki mengatakan, pihaknya telah meningkatkan dan menambah sejumlah prasarana yang dapat membuat mudik menjadi lebih baik dibanding tahun sebelumnya, seperti pelebaran jalan, penambahan tempat istirahat atau rest area, hingga pengoperasian jalan tol fungsional.

“Pertama pelebaran jalur Jakarta-Cikampek di kilometer setelah turun elevated itu sudah 4-4 (jalur) semua. Jadi saya kira mudah-mudahan tidak menjadi bottleneck di situ,” kata Basuki.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan, kata Basuki, pelebaran jalan menjadi tiga ruas juga dilakukan di setiap muka rest area di Tol Cipali. Selain itu, Kementerian PUPR juga menyiapkan rest area tambahan di kilometer 81a dan b.

“Totalnya nanti kalau sudah jadi itu sekitar 20 hektare tapi ini nanti untuk arus mudik dan balik kemungkinan mudah-mudahan sekitar 2 hektare bisa kita siapkan untuk sementara tapi juga sudah ada toilet dan juga mungkin mobile Pertamina dan prasarana lainnya. Itu ada sekitar 200 kendaraan kapasitasnya,” kata Basuki.

Selanjutnya, pemerintah juga menyiapkan sejumlah tol fungsional, seperti di Japek Selatan II dari Sadang sampai ke Taman Mekar, ruas di Tol Solo-Yogyakarta, hingga Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. Pengoperasian jalan tol fungsional ini diharapkan dapat mendukung kelancaran arus mudik.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, semua tol yang fungsional agar dimanfaatkan. Indralaya-Prabumulih 62 kilometer akan difungsionalkan untuk arus mudik ini, sedangkan yang lain-lainnya jalan nasional sudah kita siapkan mudah-mudahan sudah siap untuk arus mudik dan balik ini,” kata Menteri PUPR.

Tak hanya kesiapan prasarana, Menteri PUPR juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan diskon tarif tol pada dua hari sebelum dan dua hari setelah cuti bersama di beberapa ruas tol di Jawa dan Sumatra.

“Untuk tol yang di Jawa kemarin sudah diumumkan sudah disetujui 20 persen diskon untuk tanggal-tanggal yang kemarin, 2 hari sebelum libur, 2 hari setelah libur. Dari Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung juga ada diskon 20 persen dari BUJT Hutama Karya. Selain itu yang dari Binjai-Medan juga diberi diskon,” tandasnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128