Tentara China Kepung Taiwan dari Empat Sisi

Abadikini.com, JAKARTA – Tentara China dilaporkan telah mengepung Taiwan dari empat sisi untuk latihan militer yang digelar dalam merespons kunjungan Presiden Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat (AS).

China menggelar latihan militer selama tiga hari yang dimulai pada Sabtu pagi (8/4) waktu setempat.

Menurut Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), mereka memulai latihan dengan mengepung Taiwan dari empat arah, melakukan patroli siaga tempur dan latihan bersama.

“Ini adalah peringatan keras untuk pasukan separatis ‘kemerdekaan Taiwan’ dan kolusi mereka dengan kekuatan eksternal, dan langkah yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah,” kata jurubicara Komando Teater Timur PLA Kolonel Senior Shi Yi, seperti dimuat¬†Global Times.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan telah mendeteksi kapal China memasuki wilayah yang ditetapkan sebagai area identifikasi pertahanan udara (ADIZ).

“42 pesawat PLA dan 8 kapal terdeteksi pada pukul 11:00 (UTC+8) tanggal 8 April. (Sebanyak) 29 pesawat yang terdeteksi telah melintasi garis median utara, tengah, dan selatan Selat Taiwan, serta memasuki ADIZ barat daya kami, mencoba melakukan pemaksaan pada kami,” kata kementerian itu di Twitter.

Perkembangan terbaru terjadi setelah Tsai pulang pada Jumat (7/4) dari perjalanan 10 hari ke Amerika Tengah dan AS. Selama kunjungannya, Tsai bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California dan menerima penghargaan kepemimpinan global dari sebuah think tank di New York.

Selain menggelar latihan militer, China juga memberikan sanksi kepada dua institusi AS, termasuk Institut Hudson, yang memberikan penghargaan kepada pemimpin Taiwan, dan Yayasan dan Institut Kepresidenan Ronald Reagan, tempat Tsai bertemu dengan McCarthy.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker