Jokowi Bagi THR ke Tukang Becak d Solo

Abadikini.com, SOLO – Libur panjang ini dimanfaatkan Presiden Jokowi untuk pulang kampung ke Kota Solo, Jawa Tengah. Selama di Solo, Jokowi sempat berkeliling ke sejumlah pasar sambil ditemani cucunya, Jan Ethes. Selama berkeliling itu, Jokowi bagi THR (tunjangan hari raya) buat pedagang pasar hingga tukang becak.

Ada tiga pasar tradisional di Solo yang didatangi Jokowi, kemarin. Yakni Pasar Gede, Pasar Gading, dan terakhir Pasar Nusukan. Pasar yang pertama dikunjungi yakni Pasar Gede. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 pagi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampil kasual dengan kaos lengan panjang warna coklat muda, bawahan hitam dan sepatu kets warna senada. Dada kirinya tersemat pin presiden.

Turun dari mobil, Jokowi lalu memberikan amplop kepada warga yang sudah berbaris sejak pagi. Tak hanya amplop berisi uang, Jokowi juga membagikan sembako di Pasar Gede.

Warga yang mengantri itu umumnya adalah pedagang, tukang becak, dan masyarakat sekitar. Warga yang mengantri cukup banyak. Membuat anggota paspampres harus bekerja ekstra mengawal Jokowi.

Jan Ethes yang tampil dengan kaus oranye dengan motif garis pun turut membagikan amplop. Selain membagikan amplop, Jan Ethes juga membagikan hampers yang berisi tiga gelas kecil kepada warga.

Dari Pasar Gede, Jokowi pun melanjutkan membagikan uang dan sembako di Pasar Gading dan Pasar Nusukan. Di Pasar Nusukan, Jokowi turun dari mobilnya dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Tak hanya THR, Jokowi pun membagikan souvenir berupa madu kepada para tukang becak. Jokowi juga membagikan kaus kepada warga. Pembagian THR dari pasar ke pasar tersebut berlangsung singkat. Tak kurang dari 10 menit, rombongan Jokowi meninggalkan lokasi yang didatanginya.

Usai mengunjungi ketiga pasar tersebut, Presiden dan cucunya kembali ke kediaman di Kota Solo.

Salah satu tukang becak Naryo mengatakan uang yang ia terima dari Jokowi sebesar Rp 250 ribu. Dia mengaku diberitahu jika Jokowi akan datang di Pasar Gede secara mendadak.

“Ini uang sebesar Rp 250 ribu, sudah sejak pagi tadi di sini, terus katanya Pak Jokowi mau datang,” kata Naryo saat ditemui di Pasar Gede.

Hal senada juga ditururkan pengayuh becak Pasar Gede, Parman. Dia mengaku senang mendapatkan THR dari mantan Wali Kota Solo itu.

“Saya buka isi amplop isinya Rp 250.000. Senang bisa buat Lebaran. Kondisinya sekarang juga harga bahan kebutuhan pokok naik,” kata Parman.

Lain lagi cerita yang disampaikan pekerja buruh gendong di Pasar Gede, Wiji. Dia mengaku kaget saat dipanggil Paspampres diminta untuk mengantre. Tak lama kemudian Presiden datang membuka kaca mobilnya dan memberikan amplop. “Saya beruntung dapat amplop. Saya buka isi amplop uang Rp 250.000, Alhamdulilah,” ucap Wiji.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker