China Peringatkan Jepang Tak Ikut Campur soal Taiwan

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri China Qin Gang pada Minggu (2/4/2023) waktu setempat memperingatkan Jepang untuk tidak ikut campur dalam urusan Taiwan.

Beijing pada Minggu dikunjungi Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi untuk bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang dan sejumlah pejabat senior China dalam upaya mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Dalam pertemuan terpisah, Qin juga berbincang dengan Hayashi selama lebih dari 3 jam 45 menit untuk membahas proses hukum warga negara Jepang yang ditahan di China, kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

Isu Taiwan  tak luput dibahas kedua pemimpin.

Qin menyatakan masalah Taiwan adalah pusat dari semua kepentingan China. Untuk itu dia mendesak Tokyo agar tidak merusak kedaulatan Beijing dengan cara apa pun.

Terkait Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis yang dianggap  Beijing sebagai wilayahnya, Hayashi menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan di tengah semakin agresifnya militer China di wilayah tersebut.

Hayashi juga menyampaikan kekhawatiran Tokyo terhadap Beijing yang  berulang kali memasuki perairan dekat Kepulauan Senkaku milik Jepang di Laut China Timur, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

Hayashi juga menyatakan Jepang khawatir terhadap latihan militer gabungan antara China dan Rusia di dekat wilayah Jepang.

Sumber: Kyodo-Oana

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128