Once: Saya bukan Tipikal orang yang Melawan Hukum

Abadikini.com, JAKARTA – Penyanyi Elfonda Mekel atau akrab disapa Once mengatakan bahwa dia bukan tipikal orang yang melawan hukum dan cenderung memberikan saran dengan konstruktif di setiap permasalahan yang berkaitan dengan ranah hukum.

“Pertama ingin tegaskan bahwa saya bukan tipikal orang yang melawan hukum. Saya bukan orang seperti itu. Kalau pun saya melawan hukum, saya akan mencoba memberikan saran dan mengubah itu dengan konstruktif,” ujar Once saat jumpa media di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Pernyataan itu dia lontarkan terkait polemik yang saat ini tengah membelit dirinya dengan pentolan band Dewa 19 Ahmad Dhani. Dhani sempat mengeluarkan larangan kepada Once untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19 selama periode tur grup musik tersebut, yang akan berlangsung sepanjang tahun ini.

Menyikapi hal tersebut, Once menyatakan bahwa dia tidak menyalahi aturan hukum apapun terkait penggunaan lagu-lagu Ahmad Dhani di ranah komersial. Penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel itu berpegang pada Undang-undang Hak Cipta yang menyatakan bahwa kewajiban pembayaran royalti terkait performing rights sudah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara acara lewat Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

“Hal itu sudah berlangsung bertahun-tahun dan ada di setiap kontrak penampilan. Karena itu dari kacamata hukum positif, sulit untuk mengatakan bahwa saya ini berada dalam posisi bersalah,” kata Once, yang menjadi vokalis Dewa 19 pada awal tahun 2000an.

Once mengaku kaget dengan perkembangan masalah ini karena sebelumnya Ahmad Dhani hanya memprotes sejumlah penyelenggara acara yang tidak melaksanakan kewajiban terkait penggunaan lagu-lagu Dewa 19 dan bukan melarang Once untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19.

Once menambahkan bahwa sebagai pribadi dan teman, dia sangat terbuka untuk membicarakan polemik itu dengan Ahmad Dhani. Bahkan, sebelum permasalahan ini menjadi berkepanjangan, Once mengaku sempat ada pembahasan antara manajemennya dengan pihak Ahmad Dhani jelang perhelatan konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Jakarta International Stadium Februari lalu.

“Nyaris mengerucut pada hal yang bisa mengakomodir semua pihak. Cuma, saat itu saya tanya ke manajemen yang ternyata tidak ingin meneruskan karena kami mengerti bahwa ini semua sudah jelas diatur melalui mekanisme LMKN dan aturan yang berlaku,” kata Once dikutip dari Antara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker