Ini Dia Manfaat Tidur Siang Sesaat

Abadikini.com, JAKARTA – Setelah melakukan aktivitas pekerjaan, sebagian besar dari kita membutuhkan waktu untuk tidur siang, jeda kecil selama 20 hingga 40 menit bisa merevitalisasi indra dan mengembalikan fokus serta konsentrasi Anda ke jalur yang benar.

Aktivitas tidur siang sesaat dapat memberi manfaat seperti efek minuman kopi yang juga memberikan sentakan tambahan pada indra.

Dikutip dari Gulfnews, Minggu (26/3/2023), James B Maas, seorang penulis dan profesor di Cornell University yang berbasis di AS, memuji istilah ‘power nap’ dan menganjurkan pentingnya tidur selama 20 menit. Dia mendefinisikan ‘power nap’ sebagai sesuatu yang tidak berlangsung lebih dari 10 hingga 15 menit, tetapi cukup untuk membuat Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari, namun tidak terlalu membuat Anda tertidur lelap atau menyebabkan insomnia malam hari.

Psikiater CB Binu dari Pusat Medis Al Fasht di Sharjah menguraikannya lebih lanjut dan mengatakan semakin singkat tidur siang, semakin efektif, seperti yang dibuktikan oleh penelitian. 10 menit pertama lebih instruktif daripada tidur siang 20 hingga 30 menit karena Anda mendapat manfaat dari kewaspadaan dan peningkatan mood.

Dia menambahkan bahwa tidur siang yang lebih lama bisa menjadi kontraproduktif. Dalam dua tahapan tidur yaitu Rapid Eye Movement (REM), dimana saat seseorang berbaring dan tertidur ringan. Lalu masuk ke dalam tahap tidur nyenyak yang disebut Non Rapid Eye Movement (N-REM). Saat terlelap itu detak jantung akan ikut turun dan aktivitas otak akan melambat.

Maka itu, Binu berbagi bahwa ketika tidur siang, itu harus tetap ringan dan tidak boleh tidur nyenyak.

“Itu sebabnya ketika Anda bangun, Anda tidak pusing dan Anda tidak merasa lelah karena tidur lebih lama, disarankan untuk tidur siang lebih awal karena itu mempengaruhi tidur malam,” kata Binu.

Dia juga menambahkan bahwa tidur siang bermanfaat bagi orang yang menderita kecemasan dan serangan panik karena mereka cenderung lebih cepat lelah daripada yang lain sehingga tingkat energinya lebih rendah.

Beberapa manfaat tidur siang adalah Anda bisa merasa lebih rileks, kelelahan berkurang, kewaspadaan dan suasana hati meningkat, dan reaksi serta ingatan akan jadi lebih baik. Selain itu, konsentrasi dan fokus juga akan menjadi lebih baik dengan tidur siang.

Jika ingin melakukan tidur siang atau “power nap” Anda bisa memasang alarm untuk 20 menit ke depan agar tidak tidur terlalu lama, mencoba untuk tidur siang lebih awal agar tidak mengganggu tidur malam dan pastikan suasana tenang dan minim cahaya agar tidur tidak terganggu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker