Sunnah Nabi yang Diamalkan Muhammadiyah Bukan Jubah dan Cara Makannya

Abadikini.com, GUNUNGKIDUL – Sebagai organisasi yang menisbatkan diri sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW, Muhammadiyah tentu menjalankan amalan-amalan Sunnah Nabi Muhammad sebagaimana yang dipraktekkan dalam kehidupannya. Tetapi Sunnah yang diamalkan Muhammadiyah bukan secara simbolis semata, tapi substantif.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir pada, Rabu (22/3) di acara peringatan Satu Dasawarsa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul di Gedung Serbaguna Siyono, Kabupaten Gunungkidul.

Haedar menuturkan, Sunnah Nabi Muhammad yang diamalkan oleh Muhammadiyah tidak dengan mengenakan jubah atau makan dengan tiga jarinya. Melainkan Sunnah yang diamalkan Muhammadiyah adalah secara substantif, seperti membangun peradaban sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw ketika membangun Madinah Al Munawwarah.

Pengamalan Sunnah Nabi yang diaktualisasikan oleh Muhammadiyah seperti membangun lembaga pendidikan, rumah sakit, panti sosial, memajukan ekonomi dan seterusnya. Maka Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di berbagai bidang didorong oleh Haedar Nashir untuk berkeunggulan dan berkemajuan. Hal itu untuk menjawab tantangan dalam konteks kehidupan kebangsaan, keumatan dan kemanusiaan universal.

“Yang kita contoh bukan pakaian jubahnya, karena itu sebagaimana tradisi Bangsa Arab. Juga makan tiga jarinya, kita makan soto tidak mungkinkan pakai tiga jari.” ujar Haedar seperti dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Jumat (24/3)

Pada kesempatan ini Haedar juga menyampaikan, supaya pendidik atau penggerak pendidikan Muhammadiyah agar tidak latah mengikuti yang sedang populer saat ini, seperti merubah kurikulum di lembaga pendidikan Muhammadiyah menjadi rumah tahfiz. Menurut Haedar, hal itu baik akan tetapi tidak dengan serta-merta semua menjadi rumah tahfiz.

Haedar menerangkan, menghadapi tantangan di depan yang kian kompleks dibutuhkan generasi dengan kompetensi di berbagai bidang. Tidak hanya dalam satu kompetensi. Dia berharap, dengan konsep pendidikan holistik dan integratif yang diterapkan di lembaga pendidikan Muhammadiyah bisa menghasilkan insan yang unggul, berkemajuan dan berkompeten di berbagai bidang.

Haedar berharap, anak-anak Muhammadiyah  juga harus ada yang menjadi pakar di biologi, fisika, kimia dan lain sebagainya. Berbagi kompetensi keilmuan di bidang yang dimiliki oleh lulusan Muhammadiyah tersebut tetap dibingkai dengan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Hal itu, imbuhnya, merupakan usaha Muhammadiyah untuk menjawab tantangan dan mempersiapkan masa depan peradaban untuk lebih baik.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker